Pengamanan Idul Fitri 1437 H, 1.534 Anggota Polri Diterjunkan di Kabupaten Bandung

23 Juni 2016 / 05:16 WIB Dibaca sebanyak: 898 kali Tulis komentar

PolisiBANDUNGKAB BBCom-Sebanyak 1.534 anggota Polri bakal diterjunkan dalam pengamanan arus lalu lintas menghadapi hari raya Idul Fitri 1437 H/2016 M di wilayah Kabupaten Bandung. Dari personil sebanyak itu, 524 anggota diantaranya akan ditempatkan di jalur Cileunyi-Nagreg yang selama ini dinilai rawan macet.

Dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral yang dihadiri Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., S.IP., M.IP di Gedung Moch. Toha-Soreang, Selasa (21/6), Kapolres Bandung AKBP M. Nazly Harahap, S.IK menyebutkan sejumlah 17 titik rawan macet di jalur mudik Cileunyi-Nagreg, diantaranya simpang Cileunyi, putaran ABC, PTG Sayang, putaran Permata Hijau, Kahatex, Parakanmuncang, tanjakan Nagrog, tanjakan LPG, pertigaan Bojong, kawasan ABU, rel KA Pamuncatan, Masjid Paslon, Cagak Nagreg, Cikaledong, kawasan RM. Ciaro, tanjakan Ciherang dan kawasan Cibajeg.

Sedangkan titik rawan macet pada arus balik di jalur Nagreg-Cileunyi, meliputi lingkar Nagreg, lingkar barat, pertigaan Bojong, Parakanmuncang, PT. Vonex/ Kahatex 2, Dangdeur Rancaekek, terminal bayangan dan Gerbang Tol Cileunyi.

Dalam rakor tersebut, Kapolres Bandung akan melakukan koordinasi dengan Polres Sumedang khususnya untuk pengamanan diseputar PT. Kahatex yang kerap dimanfaatkan pedagang kali lima (PKL). “Untuk penanganan PKL-nya itu sendiri akan dilakukan oleh Satpol PP setempat,” kata Nazly Harahap.

Pada kesempatan yang sama, Bupati H. Dadang M. Naser menegaskan pihaknya akan mendukung penuh rencana kegiatan Polres Bandung dalam pengamanan lalu lintas menjelang hari raya Idul Fitri. Disebutkan, pada musim libur hari raya Idul Fitri kali ini, Pemkab Bandung telah menyediakan jalur alternatif Bandung-Garut via Monteng Kecamatan Ibun. Kendati demikian, H. Dadang M. Naser menyarankan kepada calon pemudik untuk memanfaatkan jalur tersebut pada siang hari. Mengingat jalur itu banyak belokan tajam yang cukup rawan jika digunakan pada malam hari. “Pada tahun anggaran mendatang, Insya Alloh jalur alternatif ini akan kita pasang beberapa penerangan jalan umum,” tambah H. Dadang M. Naser.

Mengungkapkan ketersediaan pangan menjelang hari raya Idul Fitri, kata H. Dadang M. Naser masih sangat aman. Seperti halnya produksi padi hingga bulan Juni 2016 tersedia 19.523 ton. Sedangkan bawang merah sudah tersedia 94.514 kuintal, sangat aman jika dihitung dari kebutuhan yang hanya mencapai 8.910 kuintal dengan harga Rp 17.000/kg.

Khusus untuk daging sapi tersedia hingga Juni 2016 sebanyak 1.466 ton, sementara angka kebutuhan mencapai 1.350 ton. Demikian pula dengan stok daging ayam mencapai 2.347 ton dari kebutuhan yang hanya 2.130 ton.

Selain Wakil Bupati Bandung H. Gun Gun Gunawan, S.Si., M.Si, hadir pula dalam Rakor tersebut Sekretaris Daerah Ir. H. Sofian Nataprawira, MP Ketua DPRD Ir. H. Anang Susanto, para camat, Kapolsek dan Danramil sewilayah Kabupaten Bandung. (BBCom)


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *