oleh

KPK Pastikan Akan Tindak Lanjut Kasus Dugaan Korupsi Bupati Bandung Barat

JAKARTA | BBCOM | Dugaan korupsi yang menyeret Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna hingga kini belum dijelaskan secara terbuka oleh KPK. KPK masih bekerja menyelesaikan kasus tersebut.

“Kami tegaskan, saat ini KPK masih bekerja menyelesaikan tindak lanjut laporan masyarakat terkait dugaan kasus korupsi dimaksud,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (24/2/2021).

Ali mengapresiasi peran serta masyarakat dalam mengawasi kerja KPK dalam setiap penangan kasus, termasuk kasus Aa Umbara. Dia memastikan akan segera menyampaikan pengembangan penanganan perkara tersebut kepada publik.

“KPK memastikan pada waktunya nanti kami akan menyampaikan kepada masyarakat terkait hasil perkembangan penanganan kasus tersebut,” ucap Ali.

Desakan terhadap KPK terkait kejelasan tindak lanjut perkara yang menyeret Aa Umbara datang dari Forum Peduli Bandung Barat (FPBB). Sebab, sejak Aa Umbara diperiksa KPK pada November 2020, hingga kini tak ada kabar kelanjutan akan proses hukumnya.

BACA JUGA  Kolonel Pnb M. Iman Handojo, S.IKom, Sambut Kedatangan Panglima TNI

Koordinator FPBB Ridwan Ginanjar mendatangi KPK untuk meminta kejelasan proses penanganan perkara tersebut. Dia menyebut, semenjak Aa Umbara terseret dugaan korupsi, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat kehilangan wibawa.

“Kami masyarakat Kabupaten Bandung Barat meminta kejelasan proses hukum Bupati Kabupaten Bandung Barat di KPK RI. Kalau bersalah lanjutkan, kalau tidak bersalah, dijelaskan ke publik agar masyarakat Kabupaten Bandung Barat tenang dan kewibawaan pemerintah kembali terjaga dalam melayani masyarakat,” kata Ridwan di gedung Merah Putih KPK, Jakarta.

Seperti diketahui, KPK sempat melakukan pemeriksaan terhadap Aa Umbara pada Selasa (10/11/2020) dan Kamis (12/11/2020). Pada dua hari itu, Aa Umbara diperiksa KPK di Jakarta dan di kantor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jawa Barat di Cibeureum, Kota Bandung.

BACA JUGA  Rencana Pembangunan Bandara Cikembar DPRD Jabar Kunjungi BPN Sukabumi

Saat pemeriksaan terhadap Aa Umbara di kantor BPKP Jabar, sejumlah penyidik KPK membawa beberapa map dan koper yang berkaitan dengan hasil pemeriksaan terhadap Aa Umbara.

Ali Fikri mengungkapkan pihaknya tengah melakukan penyelidikan terhadap orang nomor satu di Kabupaten Bandung Barat tersebut. Pihaknya juga belum bisa menyebutkan perkara apa yang membuat Aa Umbara akhirnya diperiksa oleh KPK.

“Karena masih proses penyelidikan, kami belum bisa menyampaikan lebih lanjut mengenai kegiatan dimaksud. Perkembangannya nanti kami informasikan lebih lanjut ya,”ujarnya. (fas/dwia/hs)

Komentar