oleh

Hujan disertai Angin Kencang, Rumah Warga di Desa Baranangsiang Ambruk Tertimpa Longsoran Tanah

KBB I BBCOM–Akibat Hujan yang disertai Angin kencang diwilayah Kecamatan Cipongkor dalam 2 hari ini, Mengakibatkan Tebing setinggi 5M yang tepat berada disamping rumah salah satu warga yang bernama EJE (55thn) Kp. Cibatu RT 06 RW 05 Desa Baranangsiang Kecamatan Cipingkor KBB, Tebing tersebut menimpa tembok rumah samping Eje.

Dengan kejadian tersebut, tanah yang disertai material longsor tebing masuk kedalam rumah eje dan untungnya hanya menimpa perabotan rumah eje bagian belakang, untuk korban jiwa tak ada.

Namun dengan kejadian tersebut rasa takut dan shok bagi keluarga eje masih terasa, karena melihat longsoran tanah yang membuat ambruk serta menjebolkan dinding tembok samping rumahnya, sudah dipastikan kerugian yang begitu besar kalau dihitung secara materi. Sebab kejadiannya tepat pukul 16 30 wib, pada senin 15 pebruari 2021.disaat warga setempat sudah pulang dari aktivitasnya.

BACA JUGA  Bupati Bandung Resmikan RSUD Otto Iskandardinata

Mendengar ada suara ambuk, tetangga terdekat rumah eje langsung melihat dan dengan spontanitas berteriak dan meminta tolong pada tetangga lainnya. Akhirnya tetangga terdekat yang mendengar teruakan tersebut langsung berdatangan dan juga membantu keluarga Eje dengan sigapnya.

Salah satu tetangganya yang kebetulan mempunyai nomor Hp Babinsa Desa Baranangsiang langsung melaporkan kejadian tersebut serta aparatur desa lainnya. Selang beberapa menit, Babinsa beserta pihak Pemdes lainnya pun datang dan langsung membantu keluarga eje.

“Allhamdulillah, walau musibah ini menimpa keluarga Eje Namun untuk korban jiwa tidak ada, tetapi kewaspadaan tetap harus ada, karena cuaca saat ini sangat ektrim dan sewaktu waktu dapat mengancam jiwa kita terutama warga masyarakat yang letak rumahnya dekat tebing tebing, dan dihimbau untuk lebih waspada.” Ungkap Babinsa Desa Baranangsiang

BACA JUGA  DPRD Jabar Harapkan Lelang Jabatan Terbuka Untuk Semua ASN

Masih kata Babinsa, kini pihaknya pun bersama warga setempat membantu membersihkan longsoran tanah dan material lainnya yang masuk kedalam rumah eje. Berkat bantuan dari semuanya, Eje sekeluarga untuk sementara diamankan dulu dirumah saudaranya yang aman.” Tuturnya.

Sementara itu dengan kejadian longsor yang menimpa rumah eje, Untuk sementara kerugian diperkirakan mencapai ±100 juta, itu termasuk dengan. Perabotan Rumah tangga keluarga Eje yang dianggap rusak total karena terseret oleh tanah dan material longsoran tebing.

Kini bersama Ketua RT, RW, Pihak Pemdes Baranangsiang, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta Masyarakat Kp. Cibatu, secara Gotong royong mulai mengadakan keamanan lingkungan (Kamling) guna menjaga hal yang tidak diharapkan terkait kondusivitas wilayah Kp. Cibatu, Dan berharap musibah ini tidak terjadi lagi.  (*R)

Komentar