oleh

Desa Buninagara Rayakan “Miasih ka Bumi” Di Situs Nagara Padang.

KBB | BBCOM | Pemerintahan Desa Buninagara Kecamatan Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat Mengadakan kegiatan tradisi tahunan yakni “Miasih Ka Bumi.” Tradisi ini sudah menjadi kebiasaan berlangsung di dua perbatasan kabupaten dan Desa, yakni Desa Buninagara kec.Sindangkerta kabupaten Bandung Barat dan Desa Rawabogo kec. Ciwidey kabupaten Bandung. (20/9/2020)

Lokasi kegiatan Miasih ka bumi berlangsung di “Situs Nagara Padang,” yang mana Desa Buninagara berdampingan dengan Situs nagara padang,dan juga Desa Rawabogo juga sama berdampingan dengan lokasi tersebut.Tujuan kegiatan “Miasih ka Bumi” (Menyayangi Alam) karena sepantasnya kita selaku manusia  wajib mensyukuri segala nikmat yang diberikan Alloh swt melalui alam.

BACA JUGA  Abdul Jabar Majid : SAMADES, Solusi Bayar Pajak Bagi Masyarakat Pedesaan

Menurut, kepala Desa Buninagara Encep Edi Sumaran yang di dampingi Yayat selaku BPD desa buninagara, mengucapkan rasa syukur pada alloh swt dan alam yang telah memberikan kehidupan dari hasil alam dan kesuburan tanah, hingga masyarakatnya dapat hidup dari alam, dengan bercocok tanam dan hasil hutan.” Ucap kades buninagara.

Selain kegiatan Miasih Ka Bumi, kegiatan lain pun berlangsung dilokasi tersebut, yakni Pencak Silat dan Angklung, yang mana Pentas seni tradisional tersebut adalah warisan leluhur orang sunda yang sepantasnya untuk dilestarikan dan dijaga. Serta saat itu hadir pula 2 tokoh masyarakat Desa buninagara dan Desa Rawabogo dengan sejumlah para juru kunci Situs nagara Padang dari 2 wilayah, pemuda karang taruna, dan petugas PERHUTANI.

BACA JUGA  Pemdes Wangunsari Bagikan BLT-DD, Insentif RT/RW, dan Menyediakan Ambulance Bagi Masyarakat.

Saat yang sama, Yayat selaku ketua BPD Desa Buninagara berharap, dengan tradisi syukuran Miasih Ka Bumi yang selalu dirayakan setiap akhir Bulan muharam atau awal bulan safar, pemerintah Daerah KBB dalam hal ini Dinas pariwisata dapat mengimplementasikan secara penuh terhadap kegiatan sekarang.” Harapnya. (*r)

Komentar