83 Orang Pendonor Darah Kota Bandung Akan Terima Penghargaan Dari Presiden Jokowi

11 Februari 2017 / 14:35 WIB Dibaca sebanyak: 548 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com– Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil melepas penerima anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada 83 pendonor darah sukarela 100 kali tingkat Kota Bandung di Pendopo Kota Bandung, Kamis (9/2/2017). Mereka akan menerima penghargaan tersebut dari Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 19 Pebruari mendatang.

Ridwan Kamil pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada para pendonor atas kesukarelaannya menyumbangkan darah bagi kemanusiaan. Ia pun mendoakan para pendonor agar diberi kesehatan dan umur yang panjang.

“Sungguh luar biasa. Saya doakan bapak-ibu panjang umur dan terus memberikan amal kebaikan dengan memberikan transfusi darah pada yang membutuhkan,” ucap Ridwan.

Ia juga memuji kinerja PMI Kota Bandung yang telah sukses melampaui target-target yang telah ditetapkan serta menjadi organisasi yang berprestasi. Ia lantas mengamanatkan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kualitas darahnya.

Terlebih lagi, wali kota memahami bahwa PMI Kota Bandung tidak hanya melayani kebutuhan darah di Kota Bandung tetapi juga hampir ke seluruh wilayah Priangan. Maka dari itu, konsistensi kualitas dan kuantitas pelayanan darah harus tetap dijaga.

“Idealnya, dengan arahan dan bimbingan pemerintah provinsi, yang lain sebaik dan seprofesional di Kota Bandung. Tapi kalau belum, wayahna Kota Bandung menjadi kakak asuh yang membimbing dan melayani kegiatan di Priangan,” tuturnya.

Ia juga menitipkan agar PMI tidak hanya bergerak di bidang pelayanan kebutuha darah saja. Ia ingin agar PMI Kota Bandung bisa menjadi institusi terdepan yang menangani masalah kebencanaan.

“Jadi suatu hari jika ada kebencanaan, yang pertama kali diingat masyarakat idealnya adalah PMI, dimana peralatan dan kelengkapan kesehatannya memadai dan setiap tahun kita sempurnakan,” katanya.

Berdasarkan laporan dari Ketua PMI Kota Bandung Ade Koesyanto, sampai dengan tahun ini, terdapat 129.321 kantong darah yang didonasikan. Jumlah tersebut berasal dari 83.000 donor aktif. Sementara itu, yang telah menerima anugerah pendonor 100 kali di tingkat Kota Bandung sebesar 850 orang.

Pada kegiatan tersebut, Ridwan turut didampingi oleh Ketua TP PKK Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Bulan Dana PMI Kota Bandung selama tiga tahun berturut-tutut.  Ade mengatakan, di bawah koordinasi Atalia, target Bulan Dana PMI selalu terpenuhi setiap tahunnya.

“Tahun lalu, dana hasil kegiatan teraebut kami alokasikan untuk tangki air. Tangki air itu penting jika terjadi kebencanaan, juga bisa dijadikan sumber air saat kekeringan, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk menyiram tanaman,” jelas Ade. (kur/ris)


 

 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *