SKYWALK Bandung Terinspirasi Jembatan Bekas REL di Amerika Serikat

8 Februari 2017 / 16:53 WIB Dibaca sebanyak: 1688 kali Tulis komentar

BANDUNG BB.Com– Kota Bandung memiliki sarana publik baru yang di peruntukan untuk pejalan kaki. Skywalk Cihampelas merupakan inovasi baru dari pemerintah Kota Bandung untuk mempercantik jalan Cihampelas Kota Bandung.

Wali Kota Bandung M.Ridwan Kamil mengatakan, Skywalk terinspirasi dari sebuah jembatan bekas rel kereta api di Kota New York, Amerika Serikat.

“Saya sering traveling dulu sebelum jadi Wali Kota Bandung. Idenya pada saat menyambangi kota New York Amerika Serikat. Pada saat itu saya berpikir untuk membuat suatu inovasi yang baru di Kota Bandung pada saat saya menjadi Wali Kota,” tuturnya.

Konstruksi sepanjang 450 meter, dengan lebar rata-rata 7,6 meter dan tinggi 4,6 meter, sebetulnya merupakan sarana untuk pejalan kaki. Hanya saja, pemerintah kota juga turut memfungsikan sarana tersebut sebagai ruang publik dan ruang komersial sehingga PKL yang awalnya berjualan di trotoar dan bahu jalan di pindahkan ke atas.

“Suatu hari pejalan kaki di Kota Bandung bisa berjalan di atas, dikombinasi secara kormesial. Dapat suasana yang nyaman bagi para pejalan kaki dan dapat suasana yang menguntungkan bagi (PKL) yang berjualan,” ujarnya.

Ridwan Kamil mengatakan alasannya memilih jalan cihampelas karena cihampelas sendiri sudah menjadi salah satu icon Kota Bandung. Sehingga hanya memerlukan sedikit publikasi untuk menyebarkannya kepada para turis.

“Cihampelas sudah menjadi icon. Oleh karena itu saya yakin akan menjadi istimewa jika disini dibangun sebuah kontruksi yang inovatif. Terbukti baru beberapa hari saja para pengunjung dalam dan luar kota beramai-ramai mengunjungi skywalk pada saat weekday maupun weekend,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, Ridwan Kamil memiliki harapan kedepannya bisa membuat kontruksi seperti ini ditempat lainnya di Kota Bandung. Pembangunnya sendiri terhitung cukup cepat kurang dari 5 bulan penyelesaian dan di bulan Desember sudah memasuki sehingga pada bulan Februari 2017 resmi dibuka untuk umum.


 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *