Ridwan Kamil Melepas 1731 Calon Jamaah Haji Kota Bandung

4 Agustus 2016 / 13:54 WIB Dibaca sebanyak: 1008 kali Tulis komentar

MelepasRombonganHaji2016BANDUNG BB.Com-Bertempat di Masjid Raya Provinsi Jawa Barat Bandung, Rabu (3/8) diadakan pembekalan dan pelepasan calon jamaah haji Kota Bandung oleh Walikota Bandung M. Ridwan Kamil. Pada acara tersebut hadir pula Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial, Kepala Kemenag Kota Bandung Cecep Kosasih, Ketua DKM Masjid Raya Kota Bandung, serta pembimbing dan penanggungjawab rombongan calon jamaah haji.

Dalam sambutannya Cecep menyatakan, “Insya Allah ada 1.731 jamaah yang akan berangkat tahun ini dan terbagi ke 5 kloter,” jelasnya. Gelombang pertama yang akan diberangkatkan adalah kloter 3 dan 6 yang jika tidak ada halangan akan bertolak ke tanah suci pada 9 Agustus mendatang.

Cecep sendiri menuturkan bahwa setiap tahunnya lebih dari 500 jamaah Kota Bandung mendaftarkan diri. Banyak juga jamaah yang berasal dari Kab. Bandung dan kabupaten serta kota sekitar Jawa Barat yang memilih untuk berangkat bersama rombongan Bandung. Namun, Cecep menyatakan bahwa yang menjadi prioritas saat pendaftaran tetap jamaah warga Bandung.

Pada kesempatan yang sama, Ridwan Kamil berpesan pada para calon jamaah untuk selalu bersyukur. Karena kesempatan ini hanya datang pada orang-orang terpilih dan orang-orang beruntung. “Bisa dibilang ibadah haji itu 70% mengandalkan kekuatan fisik. Namun, kekuatan mental juga perlu diperhatikan. Jika mental kuat maka fisikpun mengikuti,” tutur Ridwan.

Ia berpesan agar para calon jamaah tidak perlu banyak khawatir, tetap menjaga ukhuwwah, dan dapat menjadi orang yang bermanfaat selama berada dalam rombongan. Karena ibadah haji memerlukan koordinasi dan fisik yang luar biasa.

Ridwan juga mendoakan semoga para calon jamaah dapat melaksanakan seluruh syari’at haji agar mendapatkan kesempurnaan ibadah haji atau haji mabrur. “Perkuat niat, jaga fisik, fokus ibadah. Disini kami Pemkot Bandung juga memastikan komunikasi dengan 25 petugas pengurus rombongan selalu lancar,” ucap Ridwan.

Menurut survey, Bandung merupakan kota paling islami di Indonesia. Akan hal ini Ridwan berharap semoga Bandung dapat menjadi percontohan. (yan/kur)


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *