Ribuan Warga Padati Masjid Jami Bukit Asam Menunaikan Sholat Idul Fitri 1440

5 Juni 2019 / 17:59 WIB Dibaca sebanyak: 159 kali 1 Komentar

Jurnlis: Baraf Dafri. FR

Tanjung Enim, Sumsel BBCom – Masjid Jami Bukit Asam yang terletak tak jauh dari komplek perkantoran PT. Bukit Asam. Tbk di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim didatangi oleh ribuan warga hingga meluber ke halaman masjid untuk menunaikan ibadah Sholat Idul Fitri 1440 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Panitia Ramadan dan Idul Fitri 1440 H Bukit Asam pada 1 Syawal, Rabu pagi (5/6/2019).

Menurut Panitia Penyelenggara, pihaknya telah mengantisipasi dengan menyiapkan tenda yang cukup luas untuk menaungi jemaah yang berdatangan. Tenda-tenda itu dipasang memenuhi halaman samping masjid, sehingga warga yang datang dan dapat tempat di dalam masjid yang mampu menampung hingga 2.000 jamaah ini, langsung menggelar sejadah mereka di bawah tenda.

Pantauan media online ini, meski Sholat Idul Fitri dimulai pukul 07.00 WIB, warga telah mulai berdatangan ke Masjid Jami Bukit Asam sejak usai waktu subuh. Tampak di antara ribuan jamaah, General Manager (GM) Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) Bukit Asam, Ir. H. Suhedi, Manajer Humas PTBA, H. Efensi, ST dan para pejabat Bukit Asam yang hadir bersama anggota keluarga masing-masing untuk melaksanakan salat. Bertindak sebagai imam dan khatib, ustad Drs. H. Muhammad Toha dari Pondok Pesantren Al Falah, Palembang.

Usai mengimami Sholat, dalam khutbahnya Muhammad Toha mengajak seluruh umat untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT setelah melaksanakan puasa sepanjang Ramadan.

“Dengan memahami makna hakikat puasa di bulan Ramadan, umat Islam dapat lebih meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT ditandai dengan saling memaafkan dan mengubah sikap dan sifatnya menjadi insan yang lebih baik dari sebelum berpuasa,” tutur Muhammad Toha.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Salat Idul Fitri 1440 H di Masjid Jami Bukit Asam yang mengambil tema “Satukan Hati dalam Energi Kebaikan” ini pun selesai. Usai saling bersalaman dan bermaafan, jamaah pun kembali ke rumah masing-masing. Meski sempat terjadi kepadatan, namun berkat kesigapan satuan pengamanan Bukit Asam dan Unit Lantas Polsek Lawang Kidul, arus lalu lintas yang melintasi Masjid Jami Bukit Asam dapat segera normal kembali. ***

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *