Panwascam Cijambe Siap Melaksanakan Pengawasan Kampanye Pemilu 2024

SUBANG I BBCOM I Dalam rangka persiapan pelaksanaan pengawasan tahapan kampanye pemilu tahun 2024. Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Cijambe mengelar press release pada Minggu (09/12/2023) bertempat di Kantor Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Cirangkong Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang.

Sebagai nara sumber tahapan masa Kampanye Pemilu serentak tahun 2024 Panwaslu Kecamatan Cijambe yakni Camat Cijambe H. Nana Suyatna S.Pd. M.Si.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cijambe Edih Sugandi  menyampaikan, bahwa tahapan-tahapan Kampanye dimulai dari tanggal 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024 hanya 75 hari pada tahapan Kampanye ini.

“Pelaksanaan Pemilu 2024 yang hanya tinggal menghitung hari saja,  untuk itu segera rapatkan barisan terutama jajaran pengawas di semua tingkatan untuk meminimalisir pelanggaran pelanggaran yang mungkin terjadi dalam masa kampanye ini yang di lakukan oleh  peserta pemilu” dengan terus berupaya melakukan pencegahan

“Untuk itu saya minta kepada  semua unsur untuk bisa  meningkatkan koordinasi dan pengawasan dengan mengedepankan profesionalisme dan netralitas,” Ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Panwascam Cijambe meminta kepada seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan Cijambe dan penyelenggara lainnya serta peserta pemilu, baik calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota, serta tim kampanye untuk menjaga komitmen melaksanakan kampanye sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Kemudian ia menegaskan bahwa Panwascam Cijambe  meminta para peserta pemilu 2024 untuk tidak melakukan politik uang, tidak melakukan politisasi suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA), serta tidak menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian.

“Hal ini terus diimbau agar bisa mewujudkan pemilu yang damai, aman, dan demokratis. Selain itu, Panwascam Cijambe  meminta kepada seluruh pengawas pemilu di tingkatannya untuk memasifkan kegiatan-kegiatan pencegahan dan penanganan pelanggaran,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ia juga meminta kepada para pengawas agar melibatkan unsur masyarakat untuk ikut aktif dan memberikan laporan andai di lingkungannya menemukan kecurangan kecurangan yang di lakukan oleh para peserta kampanye Pemilu 2024 mendatang.

“Kami mempersilakan peserta pemilu untuk berkampanye seluas-luasnya dan sebanyak-banyaknya, silakan. Inilah ajang bapak ibu peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi-misi, program atau citra diri,” katanya.

Namun demikian lanjut nya , di masa kampanye ini di harapkan tidak terjadi pelanggaran pelanggaran yang di sengaja oleh peserta pemilu  terutama melanggar  pasal 280 yakni tindak pidana pemilu. Untuk itu hindari risiko terjadinya pelanggaran -pelanggaran di masa kampanye ini

“Dimasa pengawasan pemilu sangat penting keberadaannya untuk memastikan seluruh tahapan kampanye sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Itu yang menjadi tujuan kita saat ini,” bebernya.

Menurutnya, hari ini sudah ada peserta pemilu yang melakukan kampanye dibeberapa desa sehingga PKD harus sudah siap siaga melakukan pengawasan. Pihaknya berharap agar seluruh pengawas baik di kecamatan maupun di kelurahan/desa harus siap melakukan tahapan pengawasan saat kampanye berlangsung.

Dengan demikian pihaknya menekankan kepada jajaran pengawas untuk mempertahankan integritas dan netralitas sebagai penyelenggara pemilu. Jangan sampai jajaran pengawas melakukan tindakan yang tidak netral, hal itu didasari karena pekerjaan sebagai pengawas dinilai sangat mulia demi lancarnya proses pemilu nanti, sesuai dengan prinsip Pemilu 2024 yang tertuang di Pasal 2, Pasal 3 , dan Pasal 4 UU No. 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) yaitu mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka ,proporsional , akuntabel, efektif dan efisien .

“Saya ingatkan kepada seluruh pengawas bahwa integritas dan netralitas adalah kunci keberhasilan kita melakukan pengawasan pemilu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan dari tiga awak media yakni media online Bandung Berita.com, Pena Sakti, dan media Bhayangkara.com,  Forkopimcam Cijambe, Camat Cijambe H. Nana Suyatna, S.Pd M.Si , PPK, PPS, PKD, Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Cijambe Dudung Gunawan S.IP. beserta Stap, Perwakilan tokoh masyarakat dari delapan Desa se- Kecamatan Cijambe, tidak lepas hadir juga dua Komisioner yakni Andres Widinugroho sebagai Devisi P2 HM,  dan Marno Herwanto Divisi P3S  Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, Karang Taruna , Ketua Rt dan Rw serta dihadiri pula  Oleh Ketua PPK Ricky Permana.  Acara tersebut juga memastikan kesiapan jajaran Pengawas Pemilu se-Kecamatan Cijambe  dalam Rangka Pengawasan masa kampanye pemilu serentak  tahun 2024 di wilayah Kecamatan Cijambe. (Sunardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *