Maraknya Bank Emok, Kades Sangkanhurip Himbau masyarakat Untuk Sadar Berkoperasi.

25 Februari 2020 / 17:40 WIB Dibaca sebanyak: 265 kali Tulis komentar

Sangkanhurip | Kab.Bandung-BBCOM-Maraknya Bank emok di kabupaten Bandung menjadikan bumerang bagi pihak pemerintah daerah, pasalnya bank emok tidak tanggung tanggung memberikan pinjaman yang terbilang besar dan bunganya pun berlipat, Sampai masyarakat pun merasa bingung melunasi pinjaman tersebut.

Maka dengan adanya salah satu wadah yang dapat menangani hal tersebut yakni Koperasi warga Sauyunan (KOPAGA) Desa Sangkanhurip yang sudah berdiri 25 tahun dari tahun 1995, Ternyata kopaga sauyunan mampu dan terasa oleh para Anggotanya dapat mengatasi kebutuhan masyarakat Desa Sangkanhurip selama ini. Dan tiap tahun pun selalu mengadakan RAT, dan sekarang kegiatan RAT ke 25 yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Katapang pada minggu 23 pebruari 2020.

Para tamu undangan yang hadir saat itu, para Muspika, Kepala Desa Sangkanhurip, Camat Katapang, Anggota DPRD kabupaten Bandung fraksi Gerinda komisi A sekaligus Dewan penasehat Kopaga Sauyunan, para Anggota Kopaga Sauyunan yang berjumlah ratusan orang dari Desa Sangkanhurip dan Luar Desa sangkanhurip ikut hadir pada Acara RAT ke 25. Rencana Anggaran Tahunan (RAT) ke 25, bertujuan untuk lebih memberikan motivasi kepada para anggotanya, mempererat tali silaturahmi, juga transparansi pendapatan Aset Kopaga Sauyunan selama ini. Maka dengan adanya kegiatan RAT para Anggota bisa juga interaksi secara langsung.

BACA JUGA  Jalan Menuju Perumahan Cikahuripan Dicemari Tumpukan Sampah

Aturan atau managemen yang diterapkan oleh pihak Kopaga Sauyunan selama 25 tahun ternyata melahirkan frestasi yang cukup membanggakan bagi Kabupaten Bandung dan masyarakat Desa Sangkanhurip, Pasalnya ditahun 2019 Kopaga Sauyunan mendapat penghargaan secara Nasional sebagai koperasi terbaik, Maka jelas hal ini menjadi motivator bagi wilayah desa lainnya untuk mengikuti saran, pendapat, atau management cara pengelolaan koperasi yang baik.” Papar H. Wawan Ruswandi S.Pd. Selain itu juga mengantisifasi berkembangnya pelaku Bank Emok yang marak saat ini, serta membuat masyarakat merasa terjerat dengan sistem dan aturan yang menguntungkan sebelah pihak, Semoga adanya Kopaga Sauyunan, masyarakat dapat merasakan manfaatnya berkoperasi.

BACA JUGA  Kodim 0624/kab Bandung Bekerja Sama PT Telkom Indonesia Terus Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Sementara Itu, Kades Sangkanhurip Aan Tirta Gandana SH.S.sos menjelaskan, bahwa Pihaknya Sangat mengafresiasi kegiatan RAT, Dan pihaknya pun akan ikut terlibat dalam meminimalisir bahkan menutup sekalipun kegiatan Bank Emok atau bank lainnya yang merugikan masyarakat. Bahkan saat ini kades memberi himbauan secara lisan atau tertulis kepada warganya supaya tidak tergiur dengan pinjaman uang secara mudah, karena ujungnya dapat menjerat dirinya sendiri, Alangkah baiknya apabila kita menjadi anggota Kopaga Sauyunan yang ada di Desanya.” Tegas Aan Tirta Gandana. (*R)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *