oleh

Jembatan Baja Bergelombang di Bandung Akan Menjadi Pilot Project

BANDUNG BBCom-Kota Bandung menjadi Pilot Project jembatan baja bergelombang bahkan kota kembang ini, sebagai percontohan di Indonesia dalam penerapan teknologi konstruksi jembatan layang dengan penahan baja bergelombang dan semen cor busa.

images (1)Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara ground breaking pembangunan flyover Kiaracondong Antapani mengatakan, Bandung jadi pilot project karena inisiatif daerah dan tingkat kemacetannya yang tinggi.

BACA JUGA  DPRD Harapkan Harga Bahan Pokok di Jawa Barat Stabil

“Selain inisiatif atau usulan dari pemkot Bandung, tingkat kemacetan di Bandung juga sudah tinggi, sehingga jadi prioritas pembangunan jembatan layang ini sebagai solusi dari kemacetan di simpang sejajar” ujar Basuki Hadimuljono.

Basuki menyebutkan tidak menutup kemungkinan simpangan-simpangan lainnya di Kota Bandung juga dibangun fly over dengan teknologi yang sama.

BACA JUGA  Iwa Karniwa Pastikan PNS dan Non-PNS Terima THR Satu Bulan Gaji.

“Terutama misalnya di lintasan kereta api, bisa kita bangun fly over dengan teknologi seperti ini. Di Bandung kan cukup banyak lintasan KA dengan jalan raya” ujar Basuki.

Konstruksi baja bergelombang dan semen cor  busa tanpa kerikil itu bisa menghemat anggaran 60-70% dibanding konstruksi beton bertulang, dan juga waktu pembangunannya lebih cepat 50%. (***)


Komentar