oleh

Bank Sampah Tematik Bumi Beko Lestari Desa Bumiwangi Diresmikan

KAB. BANDUNG | BBCOM | Bank sampah tematik Bumi Beko Lestari, yang berlokasi di RW 04 Komplek Kodiklat Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Pada hari Rabu 27 Janwari 2021, telah diresmikan Bupati Bandung Dadang M Nasser melalui Kabid Kelembagaan dan Fartisipasi Masyarakat pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bandung Yeni Norbet.

Dalam peresmian tersebut tampak hadir Camat Ciparay Gugum Gumilar, Danramil Ciparay Kapten Inf Ujang Mulyana, Kapolsek Ciparay yang diwakili Kanit Binmas Polsek Ciparay, Agung dari Dinas LH, Pilar Desa Bumiwangi, PKK Desa Bumiwangi,LPMD/BPD, Badega Lingkungan Hidup, Para ketua RW dan RT, tim bst RW 04 dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Seusai pelaksanaan peresmian, Yeni Norbeti mengatakan program raksa desa yang digulirkan tahun 2020, “ini sebuah implementasi yang nyata, salah satunya yang dikunjungi hari ini yaitu bank sampah tematik di RW 04 Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay”.

BACA JUGA  Pasca Libur, Antusias WP di Samsat Bandung Timur Cukup Ramai

Karena ini betul betul program yang sangat di rasakan manfaatnya oleh masyarakat. Jelas Yeni

Silahkan ini akan menjadi sebuah perubahan bagi desa setempat sehingga program kami ( raksa desa ) ini bisa berkelanjutan dan terus berkesinambungan”, Harapnya

Sementara itu Camat Ciparay Gugum Gumilar mengatakan, pembangunan bank sampah tematik bersumber anggaran dari Pemkab Bandung melalui program raksa desa yang kaitannya penanganan sampah. Dengan adanya bank sampah tematik dapat memberikan kontribusi kaitan dengan permasalahan sampah.

Masih menurut Yeni Norbeti” apabila program ini di kelola dengan baik, akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Mudah mudahan ini salah satu bagian dari pemerintah untuk mengurangi permaslahan sampah di setiap wilayah. Harapnya

Dapat dilihat bersama, alhamdulillah bahwa sampah organik dapat manfaatkan untuk di budidayakan menjadi magot, sedangkan sampah an organik seperti plastik – plastik bisa dijadikan barang barang seperti paving blok dan lainnya. Terangnya

BACA JUGA  Sapei Calon DPD RI Mendaftarkan Diri ke KPU di Hari Pertama

Pada kesempatan tersebut Camat Ciparay menghaturkan terimakasih kepada Artha Graha Peduli yang telah memfasilitasi tempat / lahan untuk pembangunan bank sampah tematik di Desa Bumiwangi.

Hal tersebut berkat dorongan dari semua pihak dalam hal ini pemkab Bandung ( Bupati Bandung), Dinas LH, DPMD, Muspika Ciparay, Lembaga Desa, Pilar Desa serta perangkat desa dan antusias masyarakat. Ungkapnya

Sementara itu Kades Bumiwangi Rudiya Trisanjaya mengatakan ini merupakan wujud kebersamaan yang kami syukuri, walaupun di tengah pandemi covid 19 serta estimasi waktu yang serba pendek tidak mengurangi produktivitas kami dalam pembangunan bank sampah tematik.

kesempatan tersebut dilaksanakan peninjauan bank sampah tematik dan penanaman bibit pohon sebanyak 500 buah dengan jenis mpts dan pohon tegakan yang tersebar di wilayah Kampung Beko. (Ud/Tb)

Komentar