35 Orang Guru Jabar Ikuti Ajang GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional 2018

11 Agustus 2018 / 06:20 WIB Dibaca sebanyak: 148 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom-Kontingen Provinsi Jawa Barat siap mengirimkan 35 guru dan tenaga kependidikan (GTK) dalam ajang Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2018. Sebelum diikut sertakan dalam tingkat nasional pada 11-18 Agustus 2018, di Jakarta, para peserta telah diberikan pembinaan dan pembekalan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi mengungkapkan dilaksanakan pembinaan ini, bertujuan untuk mempersiapkan para GTK terbaik Jawa Barat agar tampil dengan optimal pada pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional. Seluruh peserta kali ini merupakan para juara pertama pada tingkat provinsi, sesuai dengan kategori masing-masing peserta.

“Kegiatan ini sengaja kami laksanakan dalam rangka senantiasa bersemangat dalam meningkatkan kompetensi, sehingga dapat berpengaruh pula dalam peningkatan mutu pendidikan” ujar Hadadi saat menutup kegiatan pembinaan yang dilaksanakan di Wisma PGRI, Jalan Talaga Bodas, Kota Bandung, Rabu, 8 Agustus 2018.

Hadadi mengungkapkan berkenaan dengan pelaksanaan pembinaan, dilaksanakan selama dua tahap. Tahap yang pertama dilaksanakan pada 5-7 Juni 2018. Tahap ini berkenaan dengan pelatihan persiapan dokumen, portofolio, karya tulis, dan best prectice. Sedangkan pada pembinaan kedua dimulai pada 5-8 Agustus 2018, dengan peminaan berfokus pada peningkatan kompetensi, dalam hal presentasi, teknik wawancara, penguasaan wawasan pendidikan, psikotes, dan sesi motivasi. Selain itu, para peserta juga menyempatkan diri berlatih kesenian daerah untuk ditampilkan dalam acara puncak kelak.

Ketua Persatuan Guru Indonesia (PGRI), Edi Parmadi mengatakan pengiriman Kontingen Provinsi Jawa Barat ke tingkat nasional tahun ini jauh lebih siap. Dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, persiapan tahun ini lebih matang karena telah dilaksanakannya pembinaan pada dua pekan ini. Selain itu, para peserta dilatih dengan menggunakan pendekatan projek yang telah dikembangkan sekarang oleh pemerintah.

“Kunci utama dalam menghadapi seleksi ini adalah percaya diri, berusaha, dan berdoa. Atas nama pengurus PGRI Jawa Barat, selamat untuk para peserta ke tingkat nasional, semoga juara umum akan ada di tangan kita,” tutup Edi.(***)

 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *