oleh

Warga Sidaharja Pamarican Kabupaten Ciamis, Sambut Baik Pembangunan Drainase

CIAMIS | BBCOM | Drainase diperuntukkan untuk mengurangi kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehigga lahan dapat difungsikan secara optimal.

Dengan adanya pembangunan drainase yang bangun oleh pemerintahan desa Warga Dusun Kertasari Desa Sidaharja Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat, sambut hangat pembangunan saluran drainase tersebut telah lama dinantikan oleh warga.

Hal tersebut di sampaikan oleh Mujiatul Qolimun (sekertaris BPD), diri nya mengatakan sebagai perwakilan warga yang mendapatkan manfaat pembangunan drainase tersebut, pihaknya merasa gembira. Dimana pembangunan drainase yang dibangun berdampak baik bagi kelangsungan ekonomi masyarakat lingkungan tersebut.

“Dukungan penuh dari warga atas pembangunan yang ada di wilayahnya. Pasalnya sebagian warga merasa terbantu sekali, dimana, drainase ini bisa menjadi dua fungsi manfaat bagi warga disini,” Rabu (15/09/2031)

“Pertama adalah sebagai sumber pembuangan air saat hujan deras, jadi bisa meminimalisir terjadinya banjir Cileuncang, lalu yang kedua adalah drainase ini bisa di manfaatkan untuk pengairan sawah saat musim kemarau,” jelasnya.

Pompanisasi petani tidak akan kesulitan untuk menerjunkan pompa air, selain itu drainase ini juga bisa menjadi sumber pengambilan air untuk ke sawah, dimana di sebelah hulunya dekat dengan klep saluran irigasi” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Haris Munandar selaku Kepala Desa Sidaharja, mengatakan, pembangunan saluran drainase tersebut menggunakan anggaran Bantuan Provinsi tahun anggaran 2021.

“Pembangunan drainase ini bersumber anggaran Banprov 2021, dimana kita melaksanakan pembangunan dranise sepanjang 115 meter dengan anggaran sebesar Rp 72.250.000” Katanya.

Masih menurut Haris, pembangunan Drainase tersebut merupakan pembangunan yang telah lama direncanakan oleh pihak desa sesuai usulan masyarakat.

“Rencana pembangunan ini sudah sejak lama di usulkan, namun baru di tahun ini bisa terealisasikan nya, mudah mudahan dengan di buatkan nya saluran Drainase lingkungan di Dusun Kertasari ini bisa terbebas dari genangan air,” pungkasnya (D Hendra)

Komentar