Sikap Netralisasi Dandim 0405 Lahat “Siap Amankan Pesta Demokrasi”

25 Februari 2019 / 18:15 WIB Dibaca sebanyak: 326 kali Tulis komentar

Laporan: Baraf Dafri.FR

LAHAT BBCom – Menyongsong Pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan pertengahan April 2019 nanti secara serentak di seluruh penjuru tanah air, menjadi momen penting Apel Gabungan seluruh Anggota TNI AD dan PNS yang bertugas di Komando Distrik Militer (Kodim) 0405/Lahat.

Hal itu dijelaskan Komandan Kodim (Dandim) 0405/Lahat, Letkol. Kav. Sungudi. SH. MSi kepada BBCom usai menjadi pembina Apel Gabungan tersebut yang digelar di halaman upacara Markas Kodim (Makodim) setempat, Senin (25/2/2019).

Ditambahkan, pihaknya selaku Tentara Nasional Indonesia (TNI) khusus TNI Angkatan Darat (AD) selalu siap menjaga stabilitas keamanan dalam pesta demokasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dan menjunjung tinggi netralitas.

BACA JUGA  Pemkab Lahat Bagikan Sebanyak 13 Unit Alat Pertanian Kepada Kelompok Tani.

“Tugas kami khususnya prajurit dilingkungan Kodim dalam hal menjaga stabilitas keamanan dalam pesta demokrasi memiliki peran memantau pesta politik itu yang selalu berkoordinasi dengan pihak Polres Lahat, berfungsi kita di sini membantu kepolisian,” ungkapnya.

Di samping itu, terangnya, pihak TNI juga mempunyai kewajiban bertanggungjawab agar kegiatan tersebut berjalan lancar dan tidak ada yang anarkis dalam pesta demokrasi ini.

“Untuk mewujudkannya, selain dengan Polres Lahat, kita juga akan berkoordinasi juga dengan KPU Kabupaten Lahat dan lingkup bawah dari RT dan RW. Tujuannya, agar Daerah Pemilihan Tetap (DPT) ini sesuai dengan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Dibeberkannya, tak hanya sebatas berkoordinasi dengan berbagai pihak, TNI mempunyai tugas yang lebih penting yakni harus mengedepankan sikap netralitas. Dan, upaya yang dilakukan pihaknya adalah telah mengeluarkan buku pedoman netralitas dalam mengikuti pemilu sehingga tidak ada alasan lagi bagi prajuritnya untuk melanggar.

BACA JUGA  Polsek Kota Agung Ciduk Pencuri Kotak Amal Masjid

Mantan Komandan Rayon Milter (Danramil) Dempo Selatan, Pagaralam ini meminta kepada masyarakat dan pihak dari partai untuk tidak menarik pihaknya dan bergabung ke dalam ranah mereka.

“Netraliasi tetap kami jaga dengan tidak bisa memberikan kemampuan kita seperti alat perlengkapan, maupun menghadiri kegiatan partai, dan akhirnya hal itu menujukkan bahwa kita tidak netral. Untuk personilnya nanti jika ditemukan bersikap memihak, tindakan tegas akan langsung dilakukan,” pungkas Sungudi. (***)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *