oleh

Sebanyak 300 Orang Calon KPPS Lakukan Pemeriksaan Covid-19 di Mapolsek Pasirjambu

KAB.BANDUNG | BBCOM | Kepala Puskesmas Pasirjambu drg. Erna mengatakan bahwa salah satu persyaratan bagi masyarakat yang mengikuti tahapan perekrutan KPPS adalah wajib melakukan tahapan pemeriksaan kesehatan di puskesmas. 

“Kegiatan ini sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. Dan karena besok adalah hari terakhir, maka puskesmas bekerjasama dengan Polsek untuk memfasilitasi dan  mempermudah kegiatan pemeriksaan,” ujar Erna saat ditemui di sela -sela kegiatan di  Pasirjambu, Senin (12/10).

Erna mengungkapkan kegiatan pemeriksaan ini pastinya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Salah satunya adalah jaga jarak. Kata Erna, target orang yang diperiksa mencapai 1.000 orang, maka karena harus jaga jarak dan keterbatasan tempat di puskesmas. Maka, pemerikasaan dilakukan di halaman Mapolsek Pasirjambu. Saat ini sudah ada 300 calon KPPS yang melakukan pemeriksaan.

“Timnya terdiri dari koordinator, dokter penanggung jawab, perawat untuk pemeriksaan awal, petugas rekam medis dan juga ada promosi kesehatan untuk mengedukasi,” jelas Erna.

Puskesmas Pasirjambu ini membawahi tujuh desa diantara Desa Pasirjambu, Desa Mekarmaju, Desa Cukanggenteng, Desa Cikoneng, Desa Mekarsari, Desa Cisondari dan Desa Cibodas. Erna menghimbau masyarakat untuk selalu menjaga protokol kesehatan. “Kondisi Covid 19 ini kan kita tidak tahu sampai kapan. Sehingga pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan setiap saat dalam melaksanakam kegiatan sehari-hari,” pungkas Erna.

BACA JUGA  Pasanggiri Antar Paguron Dalam Rangka Mencari Bibit Atlet Pencaksilat di Desa Ciwidey.

Sedangkan Kapolsek Pasirjambu, AKP  H. Asep Dedi mengatakan dirinya mengaku mendapatkan informasi dari PPK tentang adanya kegiatan pemeriksaan terhadap para calon KPPS. Karena kondisi di Puskesmas Pasirjambu yang kurang memadai, maka PPK tersebut meminta ijin agar kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi calon KPPS bisa dilakukan di halaman Mapolsek Pasirjambu. “Kita memberikan ijin. Karena memang sempit lokasinya. Asalkan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Asep.

Kegiatan ini juga telah mendapatkan ijin dari gugus tugas. Kata Asep, agar bisa menjaga jarak dan tidak terjadi kerumunan, maka ada dua jalur antrian. “Anggota dilibatkan. Dari mulai Bhabinkamtibmas dan juga anggota yang sedang menjalani tugas piket untuk mengatur jarak antar masyarakat,” katanya.

BACA JUGA  Kandepag Dorong Akreditasi Madrasah Agar Lebih Hebat Dan Bermartabat

Terkait dengan pelaksanaan Pilkada, kata Asep, Kecamatan Pasirjambu masih kondusif dan pihaknya selalu berkoordinasi dengan stakeholder yang ada di Kecamatan Pasirjambu. Karena Bhabinkamtibmas adalah corong terdepan dari Polsek, maka Asep selalu meminta anggotanya tersebut untuk menyuarakan agar masyarakat bisa menyaring berita-berita yang ada di media sosial.

“Selalu menjaga kondusifitas di masyarakat terutama menjelang Pilkada. Dan yang sekarang masih ada yaitu pandemi Covid 19, maka kita selalu mengedukasi untuk bisa tetap menerapkan protokol kesehatan,” tutur Asep.

Sementara itu, calon KPPS dari Desa Cukanggenteng, Ernawati  mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah memfasilitasi pemeriksaan kesehatan ini. Sehingga dirinya tidak  merasa sulit apalagi tidak ada biaya yang dikeluarkannya alias gratis. “Alhamdulillah sudah dapat surat kesehatannya, sebagai syarat mengikuti rekrutmen KPPS,” pungkas Ernawati.        (*R)

Komentar