oleh

Sebanyak 3.038 Atlet Pelajar Akan Berlaga Pada Event POPDA XII Jabar

BANDUNG BBCom-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mengungkapkan, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jabar XII Tahun 2018, merupakan ladang pembibitan atlet usia dini.

“Hampir sebagian besar elit-elit atlet senior di Jawa Barat, yang saat ini sudah mampu meraih prestasi,di kejuaraan tingkat nasional dan internasional, pernah mengikuti  even Popda seperti ini saat remaja,” jelas Iriawan saat membuka Popda XII/2018 di Sarana Olah Raga ( SOR) Arcamanik Jabar Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung, Senin (30/07/).

Mantan Kapolda Jabar ini menyebutkan, para atlet pelajar yang meraih prestasi tertinggi di ajang Popda ini, berpeluang besar memperkuat kontingen atlet pelajar Jawa Barat, pada event Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV Tahun 2019 di Papua nanti.

BACA JUGA  Guru Honorer Lahat Tak Dapat Dana Intensif?

Pada ajang POPNAS sebelumnya, yakni POPNAS XIII 2015 lalu di Bandung, Kontingen Atlet Pelajar Jawa Barat meraih predikat Juara Umum untuk pertamakalinya. Prestasi sebagai Juara Umum tersebut dapat dipertahankan pada POPNAS XIV Tahun 2017 di Jawa Tengah.

“Dengan demikian, kakak-kakak kelas kalian telah mengukir prestasi tertinggi di ajang POPNAS. Kini giliran angkatan kalian untuk mempertahankan gelar Juara Umum POPNAS untuk yang ketiga kalinya,” katanya.

Sebagian atlet yang berpretasi di POPNAS 2015 dan 2017 tersebut, saat ini sudah berkiprah di berbagai kejuaraan tingkat nasional, dan dipersiapkan untuk menjadi atlet Jabar yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020, juga di Papua.
Tentu, tujuan dari penyelenggaraan Popda bukan hanya pencapaian prestasi olahraga semata, tetapi sebagai ajang pendidikan karakter, melatih disiplin, kerja keras, kerjasama tim dan sportivitas di kalangan pelajar, disamping juga semangat persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA  Diresmikan Kantor Elite Group Manager, Kemudahan Mayarakat Lahat Mengakses Produk Tupperware

“Karena ajang pertandingan olahraga bukanlah hanya sarana untuk berkompetisi semata, melainkan juga wahana untuk membangun semangat kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama peserta,” tegas Iwan, sapaan akrab Iriawan

Sebanyak 3.038 atlit pelajar dari 27 Kabupaten/ Kota se- Jawa Barat, dipastikan berlaga pada event POPDA Jabar tersebut.

POPDA XII Jabar, akan digelar pada 30 Juli sampai 3 Agustus tahun 2018, di Kota Bandung.

Mempertandingkan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) dengan 284 nomor, serta memperebutkan 284 medali emas, 284 medali perak, dan 420 medali perunggu. (***)

Komentar