Saluran Air Sungai Cikaso Ancam 150 Kepala Keluarga Banjarsari

31 Juli 2017 / 19:45 WIB Dibaca sebanyak: 736 kali 1 Komentar

CIAMIS BBCom-Akhir akhir ini warga desa Cibadak Kecamatan Banjarsari Kabupaten Ciamis mengeluhkan saluran air anak sungai Cikaso, pasalnya kondisi saluran sangat memperihatinkan, bahkan saat ini sudah mengalami pengikisan dan pendangkalan.

Menerut Dede Haris warga dusun Wanayasa desa Cibadak,  ada sekitar 150 kepala keluarga yang berada disekitar aliran sungai, ironisnya keluhan warga tersebut sampai saat ini belum ada tindak langjut dari pihak pemerintah setempat.

“saya dan keluarga merasa was was apabila musim penghujan datang sebab tanah samping rumah saya sudah habis tergerus, bahkan sekarang tinggal 5 meter lagi ke anak sungai tersebut”. Ujar Dede

Hal serupa juga di benarkan oleh Muhamad Patoni sebagai tokoh pemuda dan ketua barisan muda banjarsari kawasen bersatu ( BMBKB ) ketika di temui BBCom,  selama ini warga setempat merasa resah dan tidak nyaman dengan keberadaan anak sungai Cikaso yang sudah dangkal kotor dan abrasi.

“Sejak adanya bencana banjir kurang lebih 10 bulan yang lalu, memperparah keadaan sungai” katanya

Patoni dan warga setempat sangat berharap kepada Pemprov Jabar ( BPSDA ) Pemkab Ciamis khususnya yang membidangi masalah pengairan dan BBWS Citanduy untuk segera turun tangan menanggulangi keluhan warga.

Dari hasil penelusuran tim BBCom di lapangan, kurang lebih ada 3 titik yang rawan bencana abrasi di anak sungai cikaso tersebut. (Agus Budiman)

Bagikan
Share

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *