Pokdarwis Sancanaga Ciheulang Tonggoh Resmi Dikukuhkan Jadi Kampung Wisata

KAB. BANDUNG | BBCOM | Untuk mendukung parawisata dan mewujudkan sapta pesona dalam meningkatkan pembangunan daerah. Ketua Umum Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Bandung Surnita, disaksikan Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi, mengukuhkan Pengurus Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Sancanaga Kampung Ciheulang Tonggoh, Desa Ciheulang kecamatan Ciparay, dikukuhkan menjadi kampung wisata. 

Pengukuhan tersebut selain dihadiri Ketua Kompepar Kabupaten Badung dan Kepala Desa Ciheulang, juga dihadiri Wakil Ketua 1 Anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan Ruswandi, Ketua BPD Desa Ciheulang Kasanudin, Babinsa serta lainnya. Tampak hadir ketua Harian Kompepar Provinsi Jawa Barat  R.H.Budi Aji,.SH,.MH. Kedatangan tamu undangan, disambut dengan kesenian sunda Srinampi has Kapung Ciheulang yang berlangsung di Kampung Ciheulang Tonggoh, Minggu (22/1/2023). 

Disela kesibukanya ketua umum Kompepar Kabupaten Bandung Surnita yang disapa Abah Isur mengatakan, dirinya sangat bersyukur di pengukuhan Pokdarwis Sancanaga Kp. Ciheulang Tonggoh ini sangat antusuas, warga masyarakat pun sangat bagus sekali, dan Alhamdulillah dalam kesempatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua 1 Anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Wawan, Muspika Ciparay, Kepala Desa Ciheulang, tokoh masyarakat, pemuda pemudi dan warga masyarakat kampung cihelangtonggoh lainya, “kata Surnita. 

Dirinyanya juga sangat bersyukur, bahwa dalam pengukuhan ini dihadiri oleh Kasepuhan Sumedang yang merupakan salah satu pewaris khususnya budaya Sunda yang masih dipertahankan sampai saat ini, “ujarnya.

Abah Isur berharap, setelah dikukuhkan ini Pokdarwis Sancanaga beserta seluruh warga masyarakat bisa bersama-sama mempertahankan dan memajukan daerah ini. Karena, dalam memajukan salah satu Daerah tidak bisa maju berdiri sendiri . 

“Maka pihaknya berharap, kelompok pengerak Wisata Kabupaten Bandung dan semua stakeholder yang  ada untuk ikut serta baik akademisi, pembisnis, komunitas, media sosial untuk berperan aktif membantu, mengarahkan, membingbing dan membina untuk memajuan Desa Ciheulang khususnya Kp. Ciheulang Tonggoh ini , “harapnya.

Dalam kesempatan itu Abah Isur juga juga bertitip pesan pada warga masyarakat khususnya Pengurus Pokdarwis Sancanaga yang baru dikukuhkan, pertama agar terus mempertahankan seni budaya yang ada di kampung ini .Lalu yang ke Dua bisa mempertahankan Daerah ini asli  supaya sejuk dan indah.

“Lalu yang ke Tiga , tidak lupa untuk meningkatkan ekonomi kreatif bagi warga masyarakat di Kp. Ciheulangtonggoh ini, “pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi juga mengatakan, dengan dilantiknya Pokdarwis Sancanaga yang ada di Kp. Ciheulang Tonggoh ini tentunya kami selaku pemerintahan Desa sangat senang, dimana kelompok sadar Wisata ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat kaitan dengan parawisata. 

“Dengan adanya kampung Wisata ini sambung Rubby,” tentunya akan menambah kebiasaan baru bagi masyarakat dimana yang menjadi sayarat Wisata ya itu keamanan, ketertiban, keindahan dan kebersihan, tidak hanya di RW 17 da RW 18 saja. Akan teapi, semua RW harus melaksanakan kebersihan .

“Tidak mungkin Wisatawan  datang kesini kalau kampungnya sendiri tidak bersih atau kotor, mudah mudahan ada kesadaran bagi warga masyarakat dengan pola hidup bersih dan sehat, “imbuhnya.

Lanjut Rubby, “Kami selaku pemerintah, hadirnya kelompok sadar Wisata yang sudah diresmikan oleh Dinas Wisata dan Kompepar Kabupaten Bandung, kedepanya hanya bisa mengembangkan diharapkan bisa bersinergi atau pentahelix , ABCGM, dan tentunya kita akan terapkan pola kerjasama dengan warga masyarakat.

“Kesadaran masyarakat sangat penting dalam obyek daya tarik Wisata. Sehingga bisa menarik pengunjung datang ke Pokdarwis Sancanaga ini, “tuturnya.

Rubby berharap mudah mudahan penerintahan Desa bisa menyiapkan Infrastrukturnya. Karena saat ini sarana tersebut masih kurang.

“Insya Allah kami bersama masyarakat berupaya untuk membuat jalan supaya para pengunjung bisa masuk ke wilayah Desa Ciheulang Kp. Ciheulang Tonggoh dan kami akan minta ijin karena ada lahan milik TNI, “tuturnya.

Diakhir pembicaraan Rubby Nur Habibi mengucapkan terimakasih pada semua tokoh masyarakat maupun pemuda yang sudah melekrut sadar wisata. 

Ia juga berharap kedepan Desa Ciheulang bisa menjadi Desa Wisata. Kalau tidak didukung oleh semua pihak tidak akan sukses. “Mari kita semua berkolaborasi, Insya Allah Ciheulang lebih mandiri, lebih maju ke arah desa wisata,” tutup Kades Ciheulang itu. 

Sementara itu ketua Harian Kompepar Provinsi Jawa Barat  R.H.Budi Aji, sekaligus perwakilan dari keluarga besar Keraton Sumedang Rarang, juga mengucapkan bayak terima kasih pada penggiat sadar Wisata khusuanya yang ada di Kp. Ciheulang Tonggoh, atas antusias masyarakat yang luar biasa terhadap pembentukan Pokdarwis. 

“Atas nama keluarga besar Keraton Sumedang Rarang, mengapresiasi kegiatan tersebut dan satu hal yang saya pesankan, ajen waris bihari dipelihara, sama siapa lagi dipelihara selain sama kita semua, “ucapnya.

Usai dikukuhkan, Sutarjat selaku Ketua Pokdarwis Sancanaga merasa bersuyukur mungkin ini kodrat dari Allah bahwa Pokdarwis Sancanaga sudah terbentuk dan dikukuhkan oleh Ketua Kompepar Kabupaten Bandung. 

“Kami atas nama pengurus, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendorong baik dukungan maupun pikiran yang dicurahkan untuk kelancaran pelaksanaan acara Sancanaga ini, “ucap Sutarjat. (uden)

Komentar