Pemkab Bandung Dukung Peningkatan IKM

3 Maret 2020 / 13:10 WIB Dibaca sebanyak: 169 kali Tulis komentar

“Berdirinya IKM logam milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menurut Teddy,sesuai dengan salah satu misi Kabupaten Bandung”

 

Soreang | Kab. Bandung-BBCOM.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mendukung peningkatan kualitas Industri Kecil Menengah (IKM) logam sebagai sumber ekonomi warga.

Kabupaten Bandung saat ini telah memiliki Material Center Mekarmaju yang berlokasi  di Kecamatan Pasirjambu. IKM tersebut diresmikan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) pada 2019 lalu.

Keberadaan material center ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan baku IKM sektor logam di Kabupaten Bandung, khususnya mereka yang menghasilkan alat perkakas pertanian.

Hal itu mengemuka pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Kinerja Material Center di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung.Demikian di ungkapkan

Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Bandung, Drs.H.Teddy Kusdiana, M.Si di Grand Sunshine Resort and Convention Soreang,( 27/2) lalu.

BACA JUGA  HUT Golkar Ke 55 Di Margahayu Dapil 2 Ajang Silaturahmi dan Jadi Satu Kesatuan Bangsa.

Berdirinya IKM logam milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menurut Teddy,sesuai dengan salah satu misi Kabupaten Bandung, yaitu menciptakan pembangunan ekonomi yang berdaya saing. Unit usaha jenis ini merupakan sumber daya ekonomi masyarakat setempat, yang diharapkan mampu menyerap tenaga kerja,”tuturnya

Selain perlu menambah kuantitas pekerja kata sekda,  kualitas pengembangan keterampilan, manajerial dan kepengurusan juga harus terus ditingkatkan.

“Perkakas produksi Material Center ini sendiri sudah diminati oleh beberapa daerah. Salah satunya yaitu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Bogor. Mereka sudah pesan ratusan cangkul untuk penanganan dampak bencana beberapa waktu ke belakang. Selain itu, daerah pertanian di wilayah Priangan juga sudah berminat,” katanya.

Dirinya juga  akan membantu pengembangannya,  antara lain dengan melakukan rapat internal bersama beberapa perangkat daerah (PD) terkait  teknis pemenuhan kebutuhan perkakas di Kabupaten Bandung.

BACA JUGA  Tumpukan Sampah Di Perbatasan RW16 -15 Dibersihkan, Warga Ucapkan Terimakasih

“Pemetaan kebutuhan masyarakat kita akan perkakas perlu dilakukan, sebelum memenuhi kebutuhan luar daerah. Bila perlu, kita buat edaran bagi PD, untuk menginventarisir kebutuhan perkakas yang dapat dipenuhi oleh Material Center Mekarmaju,” ujar Teddy.

Teddy juga memandang, IKM logam dapat menjadi sektor yang cukup menjanjikan dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Terlebih sektor wisata saat ini tengah mengalami penurunan, sebagai dampak dari isu global virus corona.

Teddy  berharap, IKM logam dapat menjadi contoh bagi BUMDes lain untuk berinovasi dalam meningkatkan usahanya. “Kalau ini sudah bagus, bisa menjadi percontohan untuk BUMDes lainnya.

Semakin banyak IKM terbentuk, akan semakin banyak menyerap tenaga kerja, sehingga ekonomi rakyat pun bisa meningkat,” tutup Teddy.(US)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *