Pemdes Gunungletik Laksanakan Program Nasional Padat Karya Tunai

4 Januari 2020 / 16:00 WIB Dibaca sebanyak: 463 kali Tulis komentar

Ciparay [Kab.Bandung-BBCOM. 
Untuk mengantisipasi bencana dan  banjir dan kebersihan lingkungan. Pemerintah Desa Gunungletik, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung yang di pimpin oleh Agus Hamdani. Gencar melakukan pembersihan lingkungan melalui program Nasional padat karya tuni tahap tahap tiga . Hal tersebut terbukti ketika wartawan melakukan tugasnya ke ke beberapa Rw di  desa Gunungletik , tampak terlihat Kepala Desa Gunungletik Agus Hamdani dan warga masyarakat  sedang melakukan kerjasama membersihkan saluran air lingkungan,Sabtu (04/01/2020)

Disela kesibukannya Kades Gunungletik Agus Hamdani mengatakan, tujuan program Nasional  tersebut  agar masyarakat lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan, kami beri contoh, diajarkan agar kesehatan masyarakat terjaga khusnya masalah stunting yang perkembangan anak kurang baik, itu bisa terjadi dampak dari lingkungan yang tidak sehat. “Maka kami, sebagai pemerintah desa mengupayakan dengan program padat karya tunai ini untuk  memperdayakan masyarakat terutama masyarakat miskin yang  menganggur,” ujar Agus.

Dengan adanya program padat karya tunai menurutnya, mereka bisa berpartisifasi. “Sehingga kedepan,  masalah lingkungan betul-betul dijaga dan harus bersih. “Sehingga, kehidupan masyarakat kedepan  bisa sehat,”tuturnya.

Agus menambahkan, dalam  kegiatan padat karya ini, selain kebersihan dan ke indahan lingkungan, pelaksanaan sanitasi drenase dan saluran air  juga  bertujuan  untuk  daya cegah dari kerawanan banjir. “Apalagi saat ini  musim hujan,  dapat dipastikan polume air sangat tiggi. “Maka kami, sebagai kepala desa  gencar melakukan pembersihan lingkungan baik di solokan maupun di daerah irigasi.  Mudah-mudahan dengan ada nya program padat karya tunai tersebut selain kebersaman dan silaturahmi dengan warga, juga pembangunan  lingkungan yang bersih dan bebas dari bencana dan  penyakit sehingga, keindahan dapat terwujud. Disamping itu manfaat program tersebut  yang menganggur juga bisa mendapatkan upahnya, sehingga ekonomi warga kurang mampuh terbantu ekonomonya,”tambahnya.

Agus melanjutkan, program Nasional Padat Karya tunai ini merupakan intruksi Persiden,Gubernur dan Bupati Kabupaten Bandung, agar para kades membersikan lingkungan terutama dranase lingkungan, sungai dan daerah irigasi di desanya masing-masing,” lanjutnya.

Kepala desa Gunungletik Agus Hamdani sekaligus Ketua APDESI Kec.Ciparay juga menghimbau kepada para Kades se-Kecamatan Ciparay, agar di wilayahnya untuk terus menormalisasi solokan-solokan normalisasi sungai dan irigasi yang ada di wilayah desa masing- masing,”imbuhnya.

Agus Hamdani juga berharap, masyarakat bisa lebih  peduli terhadap lingkungannya lebih sadar terhadap kehidupannya terus buang sampah jangan sembarangan,” pungkas kades desa gunungletik itu.

Sementara menurut Ketua BPD Desa Gunungletik Riskomar mengatakan, dirinya sangat mendukung prgram padat karya tunai ini. “Pasalnya,  dalam program padat karya itu banyak  manfaatnya yang dirasakan warga. Mudah-mudahan program padat karya tunai ini tetap berlanjut,” pungkasnya.(US)

Bagikan
Share
BACA JUGA  KPU Bersama Bupati Berikan Pemahaman Persiapan Pilkades 2019 di Kabupaten Bandung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *