oleh

Pemdes Ciheulang Gelar Musyawarah Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDG’s Desa

KAB. BANDUNG | BBCOM | Untuk mewujudkan program prioritas dalam pembangunan desa, Pemerintah Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, menggelar musyawarah desa Penetapan hasil pemutakhiran data SDG’s desa tahun 2021.

Dalam musyawarah tersebut dipimpin langsung Kades Ciheulang Rubby Nur Habibi, didampingi Sekretaris desa Wawan Heryanto,S.Pd sekaligus sebagai ketua pokja pendataan SDG’s desa, BPD desa Ciheulang Kasanudun, S.Pd. Acep Rusmin,S.Pd serta pendamping desa Tirtayasa dan Bhabinsa desa Ciheulang.

Selain itu dihadiri pula oleh Ketua PKK Desa Ciheulang Ibu Eli Ratnaningsih serta para relawan SDG’s desa Ciheulang di Aula Kantor Desa ciheulang, Kamis (2/9/2021).

Disela kesibukannya Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi menjelaskan, pihaknya pada hari ini telah melaksanakan musdes penutupan dan penyerahan pemutakhiran data dari relawan(kader) SDG’s dalam rangka kaitan pendataan setiap warga.

“Ada 17 komponen yang harus di catat oleh para kader SDG’s sesuai dengan program SDG’s. Yaitu,

1. Desa tanpa kemiskinan
2. Desa tanpa kelaparan
3. Desa sehat dan sejahtera,
4. Desa berkesetaraan gender

5. Desa layak air bersih dan sanitasi

6. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan

7. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa

8. Inovasi dan infrastruktur desa
9. Desa tanpa kesenjangan
10.Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
11.Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan,
12.Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa,
13.Ekosistem laut desa

14.Ekosistem daratan desa,

15.Desa damai dan berkeadilan

16.Kemitraan untuk pembangunan desa
17.Pendidikan desa berkualitas,”jelasnya.

Dirinya mengucapkan, banyak terimakasih pada kader (relawan) SDG’s desa yang telah melaksanakan pencatatan sesuai dengan program SDG’s,” ucapnya .

Rubby berharap dengan ada pendataan ini dalam pembagunan akan terarah dan terukur sesuai target pemerintah dalam program SDGs, dan mudah -mudahan kedepan di indonesia khususnya di desa ciheulang tidak ada lagi kemiskinan dan kelaparan karena, melalului program SDG’s tersebut datanya lebih akurat,” pungkasnya.

Sementara menurut Ketua BPD desa ciheulang Kasanudun, S.Pd melalui Acep Rusmin,S.Pd mengungkapkan, pihakya sangat apresiasi terhadap relawan – relawan SDG’s dari 18 Rw yang telah bekerja secara maksimal.

“Meskipun dilapangan banyak tangtangan, tapi bersukur relawan-relawan SDG’s itu bisa menyelesaikan pendataan dengan baik sesuai target yang dijadwalkan oleh pokja desa dan pokja kecamatan,” tutur Rusmin.

Pihaknya juga berharap, setelah adanya musyawarah penetapan hasil pemutakhiran data SDG’s desa tahun 2021 ini menjadi sebua acuan untuk pemerintahan desa ciheulang dalam melaksanakan pembangunan di desa ciheulang,” tutup Rusmin.(ud)

Komentar