oleh

Pemdes Bumiwangi Bangun Jalan Desa di Kampung Pojok RT 01-05 RW 03.

KAB. BANDUNG |BBCOM| Dalam rangka melaksanakan program SDGs Desa hususnya bidang pembangunan infrastruktur jalan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menyongsong kebangkitan ekonomi Pedesaan. Demikian diungkapkan Kades Bumiwangi, Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Drs.Rudiya Tri Sanjaya kepada Tim Media.

Meskipun Negeri ini masih dilanda pandemi covid-19, kami masih bisa melaksanakan pembangunan Jalan Desa dengan pola Padat Karya Tunai.

Dalam pembangunan jalan tersebut dipantau langsung Kades Bumiwangi dengan menerapkan Prokes dan Alhamdulillah kondisi Desa Bumiwangi saat ini sebagai Zona Hijau,”ucap Rudi, Kamis (12/8/2021).

Dikesempatan itu Kepala Desa Bumiwangi Drs.Rudiya Tri Sanjaya juga menjelaskan, dirinya sangat bersyukur hari ini dapat melaksanakan giat Pengecoran Rabat Beton Manual Set PKT swakelola bersama warga (TPKD) dengan volume panjang 165 meter, lebar 3 meter dan tinggi 0,15 meter dengan biaya sebesar Rp 104.547.000,- termasuk pajak. Adapun sumber dana berasal dari Dana Desa Tahap I Tahun Anggaran 2021, jelas Rudi.

Karena akses jalan tertutup dan ada pembangunan serupa pengecoran ready mix di Desa Pakutandang sehingga pihaknya melaksanakan musyawarah desa khusus dengan stakeholder terkait; Pendamping Dpmd/Tenaga Ahli, Pendamping Lokal Desa, warga penerima manfaat, PTPKD, LPMD termasuk didalamya Binamas, Babinsa dan BPD Bumiwangi.

“Alhamdullilah ada keputusan, bahwa pelaksanaan pembangunan jalan yg semula berupa Readymix berubah menjadi pengecoran sistem manual dengan alat bantu Molen dan ada penambahan panjang di volume, semula 141 meter menjadi 165 meter,” ujarnya.

Dengan adanya keputusan tersebut dirinya sangat bersyukur karena serapan tenaga kerja dari masyarakat lebih banyak sehinga dapat membantu meringankan beban mereka di situasi saat ini.

Lebih jauh Drs.Rudiya Trisanjaya menuturkan, dalam pelaksanaan pembangunan tentunya sesuai dengan protokol kesehatan dengan pengamanan yang optimal seperti bekerja memakai masker, alat pengamanan berupa sarung tangan. Adapun jumlah pekerja sesuai dengan kebutuhan dan bergiliran.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar, berkat sinergitas yang baik, kaloborasi yang positif dan niat baik semua pihak sehinga pembangunan dapat terlkasana dengan baik dan memuaskan penerima manfaat, memuaskan negara baik secara fisik maupun dokumen administrasi pungkasnya.(ud)

Komentar