oleh

Pemcam Kec.Pacet Gelar Musrembang Tingkat Kecamatan

KAB. BANDUNG | BBCOM | Pemerintah Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, menggelar Musrenbang tingkat Kecamatan. 

Kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan itu dihadiri oleh Tim pendamping dari Bappeda Kabupaten Bandung, tim Pendamping Kecamatan dan  Sekretaris Desa yang terdiri dari 13 Desa  se-kecamatan pacet. 

Acara dibuka langsung oleh Camat  Kecamatan Pacet Drs Agus Rizal M.Si di Gedung pertemuan Kantor Kecamatan Pacet, Rabu (03/02/2021).

Camat  Pacet Drs Agus Rizal M.Si melalui Operator Musrenbang Kecamatan Pacet Asep Priatna menjelaskan, pelaksanaan kegiatan musrenbang ini dalam rangka rapat penyelarasan untuk meng-input data usulan dari Musrenbang tingkat desa  untuk di rekap atau diinput datanya dalam rangka pelaksanaan kegiatan Musrenbang  tingkat kecamatan. Untuk itu, data-data yang masuk melalui akun yang sudah dibuatkan desa harus selaras dengan berita acara manual yang sudah disampaikan oleh desa ke kecamatan.  Jadi, penyelarasan data hasil Musrenbang Kecamatan itu harus betul-betul selaras atau sesuai dengan Musrenbang tingkat kecamatan. 

BACA JUGA  DPMD Kabupaten Bandung Himbau Tiap Desa Untuk Segera Membereskan Surat Pengajuan Siltap 2020.

“Jadi perlu penyelarasan, baik data manual maupun data entry melalui akun desanya masing-masing,” jelasnya.

Asep merasa bersukur , dalam pelaksanaan kegiatan penyelarasan  Musrenbang tingkat Kecamatan bisa dihadiri oleh pendamping dari Bappeda Kabupaten Bandung. Sehingga kami di tingkat kecamatan bisa sedikit ada pendampingan atau panduan-panduan alur daripada Musrenbang tingkat kecamatan.

 Untuk saat ini sambung Asep, Aalhamdulillah dengan pertemuan pelaksanaan  sekarang sudah menghasilkan input data sesuai dengan pagu yang telah diberikan oleh Pemda Kabupaten Bandung. 

Sementara Pagu untuk Kecamatan Pacet pada tahun anggaran 2022  kurang lebih sekitar 7 miliar, ini  merasa prihatin jika dibandingkan  dengan evaluasi Musrenbang tingkat kecamatan atau tingkat kabupaten untuk periode di tahun 2020, 2019, ini sangat signifikan, sangat jauh kalau dibandingkan,” ujarnya.

 Untuk periode Anggaran Musrenbang tahun 2019 , 2020  kemarin di Kecamatan Pacet bersukur  mendapat Pagu anggaran mencapai dua belas miliar koma tujuh. Tapi untuk  saat ini Kecamatan Pacet Mendapat pagu anggaran kurang lebih  7 miliar.

BACA JUGA  Forkopimcam Kec. Ciparay Lakukan Monitoring Pos PPKM ke Tingkat Desa

“Meski seperti itu akan  disesuaikan dengan pertimbangan kebijakan pemerintah daerah, dikarenakan saat ini banyak anggaran yang digunakan untuk kegiatan pelaksanaan penanganan  covid-19,”tuturnya.

Dalam Pelaksanaan Musrenbang Lanjut  Asep, bukan hal baru ini merupakan sebuah kewajiban  rekrutmen atau sebuah penggalian gagasan dari bawah yang  harus diwujudkan melalui musyawarah di tingkat Dusun, tingkat Desa maupun tingkat Kecamatan . 

kami juga sangat bersukur  sudah bisa  melaksanakan Musrembang tingkat Kecamatan, walau pun dalam keterbatasan,”imbuhnya.

Pihaknya juga  mengucapkan banyak terimakasih, baik  pada warga masyarakat, para aparat desa dan tingkat Kecamatan atas  dukungannya terhadap pelaksanaan Musrenbang ditingkat Kecamatan.

Dia juga berharap, dengan adanya kekurangan pagu anggaran ini, mudah-mudah bisa bertambah. Selain iru mudah-mudahan penyebaran virus covid-19 di muka bumi  ini segera berlalu,”pungkas Asep.(Ud)

Komentar