oleh

Pembahasan Puldatan dan PTSL–PM digelar di Sunshine Hotel Kab. Bandung

KAB. BANDUNG I BBCOM I Konsultasi Publik Strategis Pengumpul Data Pertanahan (Puldatan) dalam pendaftaran  tanah Sistematis Lengkap Partisipasi Masyarakat (PTSL- PM ) untuk percepatan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat  berlangsung di hotel Sunshine Soreang Kab Bandung .

Menurut Kepala Kanwil BPN Provinsi Jabar, Drs. Dalu Agung Darmawan MSi, konsultasi publik ini khususnya program pelaksanaan strategis PTSL dan pengumpul data masyarakat di tahun 2022, melibatkan kita sendiri, Kepala Desa dan karang Taruna sehingga mereka tahu persis tentang Pertanahaan .

Sehingga kepala desa dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang isu-isu Pertanahan ,jadi PTSL di Jawa Barat secara umum. Ada 1.150.000 bidang tanah dan kita berharap membuat peta bidang dulu untuk proses berikutnya .

Karena PTSL ini dibiayai oleh Bank Dunia maka keterlibatan masyarakat haruslah tinggi dan pemahaman stakeholder di daerah harus mendukung, karena program PTSL untuk Jabar kita secara bersama sama harus dapat mensukseskan, sebab ini program ini sangat penting bagi masyarakat.” Ungkapnya kepala kanwil BPN provinsi jabar

Kepala Kantor BPN Kab, Bandung, Julianto, untuk program PTSL tahun ini dibahas dalam konsultasi publik yang melibatkan masyarakat dan kepala Desa dalam pengumpul data. untuk program PTSL tahun ini di Kab Bandung ada sekitar 95 ribu.

Tujuan program PTSL yakni untuk mengurangi permasalahan sengketa tanah selama ini. maka diharapkan datanya harus jelas, dan kita berprinsip lebih mengutamakan sinergitas saat pengumpulan data harus teliti jangan asal asalan.

“Kalau masyarakat sudah mempunyai sertifikat tanah, Maka kejelasan hukumnya jelas.”

Diakhir acara, Kepala BPN kab.Bandung berharap dalam kegiatan konsultasi publik tentang pengumpul data pertanahan dalam pendaftaran tanah dapat dipahami masyarakat terutama stakeholder di daerah tentang isu -isu Pertanahan ,” kata Julianto. (*R)

Komentar