Pemanfaatan HHBK Mangrove, Kepala BPDAS Unda Anyar Bahas Pelatihan Ecoprint

BALI | BBCOM | Kepala BPDAS Unda Anyar Provinsi Bali, Tri Adi Wibisono membuka kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM dalam rangka Pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Mangrove. Jumat (25/11/2022),

Hadir dalam acara tersebut perwakilan BAPPEDA Provinsi Bali, Dinas LHK Provinsi Bali, P3E Bali Nusra, Balai PPI Karhutla Jabal Nusra, UPTD KPH dan Tahura, Forum DAS Bali dan Kelompok Kerja Mangrove Daerah (KKMD) Provinsi Bali.

Kegiatan yang diikuti oleh Kelompok Nelayan, Kelompok Tani Hutan (KTH) Mangrove, Kelompok Pengolah dan Pemasar Ikan (POKLAHSAR), dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Provinsi Bali.

Menurut Kepala BPDAS Unda Anyar, Tri Adi Wibisono, kegiatan yang dilaksanakan tersebut fokus membahas pelatihan eksplorasi cetak kain/ecoprint.

“Alhamdullilah para peserta sangat antusias mendengarkan pemateri dari Zie Batik Semarang tentang Ecoprint. Bahkan disaat praktik pewarnaan kain dengan pewarna alami.” Ujar Tri Adi Wibisono

Tri Adi Wibisono mengharapkan dengan adanya pelatihan ini, kelompok masyarakat sekitar hutan mangrove mampu melihat peluang usaha kreatif dari pemanfaatan sumber daya alam yang ada di sekitarnya sehingga menciptakan lapangan kerja sebagai sumber penghasilan dengan tetap menjaga kelestarian hutan mangrove dan lingkungan sekitar mereka. (red)

Komentar