Pasanggiri Antar Paguron Dalam Rangka Mencari Bibit Atlet Pencaksilat di Desa Ciwidey.

20 Desember 2019 / 16:08 WIB Dibaca sebanyak: 525 kali Tulis komentar
Bagikan

Ciwidey | Kab.Bandung | BBCOM | Sekitar 42 Paguron pencak silat yang berada diwilayah kecamatan Ciwidey mengikuti ajang Pasang Giri pencakSilat Antar Paguron Sekecamatan Ciwidey pada jum’at 20 Desember 2019, Yang berlangsung dikantor Desa Ciwidey. Dengan tujuan menjalin silaturahmi yang kuat antar paguron dan juga dalam rangka mencari bibit atlet pencaksilat.

Para peserta dan tamu undangan yang hadir dari jajaran kepolisian sektor ciwidey, Danramil 0914/ciwidey, Camat Ciwidey Karyadi Raharjo Anugroho A.P M.si, Kepala Desa Ciwidey, Ketua Dpc PPSI Ciwidey, Kasie Sosbud Kecamatan Ciwidey dan para tamu undangan lainnya serta antusias masyarakat Ciwidey yang ingin menyaksikan Pasanggi pencaksilat.

Pada acara tersebut Kepala desa Ciwidey yang membuka secara langsung dan sekaligus yang menyelenggarakan acara pasanggiri pencaksilat antar paguron sekecamatan Ciwidey.

“Saya berharap adanya pasanggiri Antar Paguron semoga Potensi budaya Pencaksilat yang menjadi warisan leluhur sunda di harapkan bisa lestari dan masyarakat bisa menjaganya warisan ini.juga di jaman milenia ini oara peberus tudak tereliminasi oleh budaya barat atau lainnya serta dapat melahirkan atlet pencaksilat dari desa ciwidey yang handal dan mampu mengharumkan nama daerah.”

Antusias warga ciwidey sangat membludak, sekitar 1000 warga yang datang, mereka merasa terhibur dan berbangga hati karena kesenian budaya pencaksilat masih ada.” Ungkap salah satu warga ciwidey mengungkapkan perasaannya.

Kami berharap kepada pemerintah daerah kabupaten bandung untuk lebih nengafresiasi dan juga memberikan sarana dan prasarana  untuk kemajuan pencaksilat.

Pada acara pasanggiri antar paguron Didesa ciwidey, ada tiga kelas yakni anak anak, Remaja, dan Dewasa dengan tiga kategori ada ibing tunggal, rampak kendang, dan ijen, hal ini membuktikan bahwa potensi pencaksilat didaerah ciwidey.  (*R)

BACA JUGA  KPU Kab. Bandung Tetapkan Pendaftaran Balon Menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *