oleh

Menghitung Suara Cepat, DPMPD Kabupaten Bandung Sosialisasi Aplikasi Sipilkades

KAB. BANDUNG | BBCOM | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bandung, Mengadakan acara Sosialisasi Promosi Pilkades serentak 2021 (Sipilkades) sebuah aplikasi yang dapat menunjang dalam menghitung suara secara cepat, Dan para peserta dari pihak kecamatan yang akan melaksanakan pilkades sebanyak 49 Peserta.

Pelaksanaan kegiatan Sipilkades berlangsung di SutanRaja hotel kabupaten bandung.Aplikasi ini yang di inovasi oleh Kominfo Kabupaten Bandung, sebagai media untuk memberikan informasi kepada Pimpinan dikecamatan terkait ke akuratan saat penghitungan jumlah suara, sehingga nantinya dapat di plenokan secara bersama sama.

Dikatakan Rahmat Hidayat S.STP, , M, AP selaku Kabid Kepemerintah Desa, Kalau secara pungsional, aplikasi Sipilkades adalah sebagai media hitungan cepat, karena untuk menyampaikan informasi yang cepat dan akurat dan pihak terkait dengan hasil yang baik oleh panitia. sehingga pihak kecamatan akan menginput hasil rekapitulasi pilkades diwilayahnya, juga upaya untuk mengefektivitas proses laporan kepada pihak kecamatan (Bawaslu) kecamatan karena pihak kecamatan sudah mempunyai Deswordnya dan tinggal memasukan datanya.”kata Rahmat

Masih kata Rahmat, Kalau dilihat Pilkades sekarang secara aturan hanya ada dua pelaksanaannya, yakni masa kampanye dan masa tenang, namun karena saat ini masa pandemi, maka bagi desa yang melaksanakan pilkades 2021 ini harus menerapkan aturan Prokes yaitu 5 M dan harus mempunyai sertifikat vaksinasi untuk para  pemilih pilkades serentak 2021.

Dari 49 Desa yang akan melaksanakan pilkades harus menerapkan aturan Prokes, dan itu wajib dilaksanakan nantinya saat pelaksanaannya. Sebab jumlah penduduk kabupaten bandung yang jumlahnya banyak, maka kita juga harus menyeimbangkan ketersedian vaksin, kalau dilihat saat ini terbilang tidak ada masalah, dan kita sudah berkordinasi dengan pihak Dinkes Kabupaten bandung, provinsi bahkan pusat.

“Selain itu juga kita memanfaatkan waktu untuk memberikan pelatihan kepada para peserta dari masing masing kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades keputusan dari kemendagri terkait perpanjangan PPKM yang menurut informasi tanggal 9 Oktober 2021.” (*R)

Komentar