Masyarakat Cidano, Program Adipura Guna Capaian jJga Lingkungan yang Baik.

10 Desember 2019 / 06:57 WIB Dibaca sebanyak: 162 kali Tulis komentar

Kopo | Kab.Bandung | BBCOM | Adipura merupakan salah satu program strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mempunyai maksud dan tujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh.

Prinsip Tata Kelola Pemerintahan yang baik (Good Governance) dan Tata Kelola Lingkungan yang baik (Good Environment Governance),

Dalam lima tahun pertama, program Adipura difokuskan untuk mendorong kota kota di Indonesia menjadi “Kota Bersih dan Teduh”.

Seperti yang dilakukan oleh warga Masyarakat RW 05 Desa Kopo Melaksanakan Kerja Bakti Secara Bergotong royong di Senter Sungai Cidano yang di dampingi H.Iriana dengan pelaksanaan pembabatan rumput di Bantaran sungai agar sampah tidak tersangkut di bantaran sungai Cidano dan meminimalisir Banjir, Dan pembersihan Sampah yang ada di sekitar lingkungan Warga Rw 05  Desa Kopo juga dalam rangka penlaian Adipura.

Menurut, H. Iriana Kasie Jpu pembangunan Kecamatan  Kutawaringin, Adapun pengertian dari Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam hal kebersihan serta pengelolaan LH perkotaan dimana adipura ini diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Lanjutnya, Bahwa dirinya sebagai pendamping dari Kecamatan terus melakukan Upaya sosialisasi dengan masyarakat sekecamatan Kutawaringin agar bersama sama menjaga lingkungan dengan baik, Dengan salah satu pembabatan rumput dan pembersihan sampah, sehingga Program Adipura di Kabupaten Bandung berjalan dengan sukses juga penilaian dari Kementrian LH dan kehutanan dapat di raih oleh kabupaten Bandung. (9/12)

H.Iriana menjelaskan, Dalam Undang-undang No. 18 tentang Pengelolaan Sampah, disebutkan bahwa larangan pembakaran sampah karena dapat mengeluarkan gas beracun yang kemudian pada akhirnya menyebabkan global warming, serta usaha-usaha lain. Maka dalam hal ini masyarakat harus bisa Sinergitas dan berkolaborasi dengan pemerintah untuk menciptakan Daerah nyaman, sejuk, Asri, Hijau dan Bersih. Juga raihan Adipura 2019 dapat diraih oleh Kabupaten Bandung. (*R)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *