oleh

Luar Biasa, Ganyol jadi Olahan Makanan Tradisional

KAB. BANDUNG BARAT | BBCOM | Ganyol adalah sejenis ubi liar dan seratnya pun begitu banyak, dikalangan orang sunda Ganyol sudah tak asing lagi, kebanyakan tanaman tersebut tumbuh di pinggir jalan setapak atau diwilayah wilayah hutan. Namun orang jaman sekarang orang tidak mengenal akan tumbuhan Ganyol.

Berkat kegigihan dan keuletan Pa Wawan (45 tahun) warga kp. Cibaliung Desa Mekarwangi akhirnya beliau mempunyai Gagasan untuk menjadikan Tumbuhan Ganyol sebagai komediti makanan yang dapat menjadi aset pendapatan daerah (PAD) dan peningkatan Ekonomi kerakyatan.

Ditambah lagi Berkat Bimbingan dari Ibu Yani dari ITB dan sekaligus pendamping Edukasi wisata, Ganyol juga bisa dijadilan olahan seperti Wajit, Kremes, dan Cendol yang mana kesemuanya itu bahan utamanya adalah Ganyol, selain bisa dibentuk makanan, Ganyol juga mengandung gizi protein yang tinggi bagi tubuh.

BACA JUGA  Tingkatkan Perekonomian, Masyarakat Desa Singajaya Buka Akses Jalan Baru

Yayan Herdiana (Kades Mekar Wangi), sangat bangga kepada Wawan, selaku warganya yang mempunyai Gagasan tersebut, semoga apa yang didapat dari Ibu yani terkait pemanfaatan ubi ganyol bisa meningkatkan tarap hidup masyarakatnya dengan mengolah ubi jadi olahan makanan tradisional.

“Saya mengafresiasi dan berharap kedepannya warga lainnya pun mengikuti jejak pa Wawan yang mempunyai inovatif yang luar biasa demi kemajuan Desa mekar Wangi.” Ungkap Yayan Hadiana

BACA JUGA  Koramil O902/Sindangkerta Laksanakan KOMSOS Kepada Masyarakat Kp.Seupsepan

Saat yang sama, Babinsa Desa Mekar Wangi ” Agus Hardi ” menilai bahwa selama ini banyak potensi yang perlu di kembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat, dan alhamdulillah saat ini salah satu warga yang bisa membuktikan harapan dari pemdes mekar wangi.” Tandas Agus

Semoga ini menjadi terobosan baru dibidang Kuliner olahan makanan yang dapat tembus ke manca internasional, asal kita saling berkolaborasi antara masyarakat UMKM dan pemerintah harus bersinergi. (*R)

Komentar