oleh

Lindungi Warga, Pemdes Ciheulang Bersama Puskesmas Sumbersari Terus Gelar Vaksinasi

KAB. BANDUNG | BBCOM | Untuk melindungi Warganya terpapar virus Covid-19, Pemerintah Desa Ciheulang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung,Kerja Bareng Puskesmas Sumbersari, sudah berkali-kali melakukan kegiatan program vaksinasi covid 19.
Untuk kegiatan vaksinasi kali ini masyarakat Desa Ciheulang sangat antusias sekali. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya serbuan warga mendaftar untuk di vaksin di Gor Desa Ciheulang, Sabtu(21/8/2021).

Disela kesibukanya Kades Ciheulang Rubby Nur Habibi menjelaskan, Pelaksanaan vaksinasi covid 19 yang dilaksanakan di Desa Ciheulang. Merupakan vaksinasi tahap 2, setelah sebelumnya dilaksanakan vaksinasi tahap 1 yang dihususkan bagi para lansia. Sedangkan yang dilaksanakan vaksinasi hari ini diperuntukan untuk masyarakat umum” jelas Rubby Nur Habibi didampingi Bhabinsa Desa Ciheulang Sertu Rahmat Wahyudin.

Sambung Rubby, jumlah warga yang di vaksin pada hari ini sebanyak 480 orang, dari jumlah penduduk 12 ribu jiwa yang sudah mempunyai hak pilih.

“Jadi warga yang sudah divaksinsasi hingga hari ini, sekitar 25 persen dari jumlah warga yang punya hak pilih tersebut,”ucap Rubby.

Untuk tenaga kesehatan yang diterjunkan dalam kegiatan vaksinasi covid 19 di Desa Ciheulang lanjut Rubby Nur Habibi, pihaknya bekerja sama dengan Puskesmas Sumbersari,”ujarnya.

Rubby Nur Habibi mengajak kepada warga yang belum mengikuti vaksinasi, agar segera mendaftarkan diri untuk di vaksin.Karena, dengan di vaksin bisa menambah kekebalan tubuh.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh masyarakat Desa Ciheulang, untuk selalu disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M yaitu mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.tutup Rubby Nur Habibi Kades Ciheulang itu..

Kepala Puskesmas Sumbersari, dr Fenny juga mengatakan, bahwa jumlah nakes yang diterjunkan pada vaksinasi di Desa Ciheulang berjumlah 23 orang, yang terdiri dari petugas puskesmas Sumbersari, petugas klinik swasta, dokter klinik swasta bidan praktek swasta dan apoteker.

Dr Fenny juga menjelaskan, sebelum di vaksinasi covid 19, warga terlebih dahulu di screening ( napisan), yaitu pemeriksaan tensi darah yang tidak lebih dari 180/110 dan pemeriksaan gula darah sewaktu, yang tidak lebih dari 200.

Selain itu di screening lagi oleh dokter, dan di tanyakan kepada warga, apakah warga tersebut mempunyai riwayat alergi berat seperti penyakit sesak napas, penyakit asma, penyakit jantung bawaan, apakah sedang hamil, serta di tanyakan juga kepada warga, apakah sedang pengobatan penyakit tertentu misalnya pengobatan anti kanker, pengobatan anti radang atau pengobatan gangguang pembekuan darah, dan lain sebagainya.

” Kalau kasus seperti itu, kita biasanya mempertimbangkan dulu, sejauhmana yang riwayatnya itu mempengaruhi atau tidak kalau hari ini divaksinasi ” Jelasnya

Masih menurut dr Fenny, khusus untuk warga yang usianya diatas 60 tahun, kita tanyakan, apakah pungsi jantung dan paru nya, baik atau tidak. Apakah sering kelelahan atau tidak, apakah nyeri dada atau tidak. Ditanyakan pula, apakah mempunyai penyakit paru kronis, penyakit ginjal dan penyakit jantung.

” Alhamdulillah, dalam pelaksanaan vaksinasi di Desa Ciheulang, masyarakat sangat antusias sekali” tuturnya.

Kepala Puskesmas Sumbersari juga menerangkan, bahwa dengan vaksinasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dan apabila terpapar covid tidak sampai pada kondisi berat,”pungkasnya.

Komentar