Kadispakan Kab. Bandung Perbaiki Pola Konsumsi Makan Masyarakat

8 Oktober 2019 / 07:38 WIB Dibaca sebanyak: 319 kali Tulis komentar
Bagikan

Soreang – Kab.Bandung-BBCOM – Pola Konsumsi Makanan Masyarakat di Kabupaten Bandung, didasari pada membaiknya pola makanan masyarakat yang merupakan salah satu tujuan yang dicanangkan dalam pembangunan jangka menengah Pemerintah Kabupaten Bandung pada tahun 2015 – 2020.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispakan) Kabupaten Bandung  Ir. Dadang Hermawa, saat akan membuka rapat koordinasi dengan perangkat daerah dalam  pembahasan penyusunan situasi konsumsi pangan tahun 2019 di Gedung Bale Winaya Soreang, senin(7/10/2019).

Dadang  menambahkan, target sampai saat ini mencapai  sekitar 90 poin pada pola sarapannya.

Sementara dari  tahun 2017 yang dikaji tahun 2018, angkanya baru mencapai 84 poin.

“Jadi, masih ada angka poin yang harus di capai. “Karena multisektoral, perbaikan pola konsumsi masyarakat ini bukan hanya tugas Dispakan saja. “Tetapi, melibatkan perangkat SKPD  lainnya,” tambahnya.

Lanjut Dadang,” rapat koordinasi dilakukan untuk menyamakan persepsi yaitu, sama-sama melakukan berbagai upaya untuk menuju perbaikan pola makanan pangan . “Sehingga, bisa terwujud  pola peningkatan konsumsi terutama sumber daya manusianya,” lanjutnya.

Lebih jauh Dadang Hermawan menjelaskan, langkah ke depan dengan melakukan penganeka ragaman konsumsi makanan, salah satunya mensosialisasikan gemar makan ikan di masyarakat.

Hal tersebut untuk  mengurangi ketergantungan makanan pokok jenis beras.

“Jadi, tidak mengandalkan beras untuk makanan pokok sehari – hari. Menurut kami,  kurang baik juga buat kesehatan sebab, bisa jadi bahan makanan yang mengandung protein kurang terkonsumsi.” Masyarakat dianjurkan menyiasatinya, bagaimana mendapatkan sumber protein tersebut dengan tidak mengeluarkan biaya yang mahal,  alternatifnya seperti telur, buah-buahan dan sayuran,” jelas Dadang .

Dadang Hermawan berharap, setelah rapat koordinasi bisa menghasilkan kesepakatan pada gerakan bersama secara masif guna  perbaikan pola konsumsi pangan masyarakat. Selain itu, juga bisa mendorong perbaikan terhadap kebiasaan masyarakat dalam memanfaatkan sumber makanan secara maksimal,” pungkas Dadang Hermawan.(Us)

BACA JUGA  Polsek Ibun Bersama Satpol PP Lakukan Penertiban Knalpot Bising

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *