Kades Desa Bojongsari Asep Sunandar Terus Upaya Gali Potensi Desa

22 Januari 2020 / 12:39 WIB Dibaca sebanyak: 517 kali Tulis komentar

Bojongsoang | Kab.Bandung-BBCOM | Asep Sunandar Kepala Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, akan terus berupaya  menggali potensi desa .Selain itu Asep Sunandar punya keinginan desaya menjadi sentral ikan lele .Demikian diungkapkan Kepala Desa Bojongsari Asep Sunandar di acara musdes tahun 2020 di aula kantor desa bojongsari Rabu, (22/01/2020)

Asep  menambahkan, yang jadi prioritas  program kami pada tahun  2019- 2025 adalah, meningkatkan pendapatan asli desa yang mana dana desa dan dana- dana lain yang  sifatnya bantuan sumber  dana pemerintah,  itu diharapkan jadi pemati untuk meningkatkan swadaya masyarakat desa. “Jika,  semua lapisan  menganggap bahwa dana desa itu untuk modal pembangunan,  tampa memikirkan potensi- potensi desanya.” Maka, mereka akan ternina bobokan. “Sementara,  potensi desa dan aset desa yang merupakan sumber pendapatan asli  desa  tidak diperhatikan dengan baik ,” tambah Asep.

Asep melanjutkan, untuk masa periode kami yang pertama melakukan  inventarisir aset desa baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak .” Kita, udah cek satu per satu seperti, tanah carik untuk di  inventarisir sehingga   jelas kepemilikannya bahwa tanah tersebut milik kas desa.” Tentunya  akan  menambah pendapatan asli desa itu yang paling utama ,” lanjutnya.

Asep berharap, dalam kepemimpinannya kesejahteraan masyarakat dan pembangunan desa bojongsari lebih baik. “Jika dilihat dari strata  desa,  ada 5 desa termasuk desa Bojongsari merupakan desa  maju, itu yang jadi sasaran kami. Mudah- mudahan kedepan desa kami  menjadi desa berdaya saing dan mandiri sesui visi misi kami,” harapnya.

Lebih jauh Asep menuturkan, kami telah melaksanakan meskipun masih jauh,  karena kami baru 2 bulan menjabat dan alhamdulillah pemanfaatan aset desa yang tadinya cendrung di sewakan walaupun itu tidak melanggar hak, sekarang sudah di tebus meskipun dana pribadi atau dana talang, itu merupakan awal penertiban aset desa yang maksimal,” tutur Asep.

Menurutnya lagi , Alhamdulillah masyarakat di desa bojongsari  mayoritas cendrung ke agro bisnis dan  agraris,  yang mana pola- pola itu harus etap terjaga semaksimal mungkin  . “Sehingga bisa menambah pendapatan desa yang potensial,” ujarnya.

Asep  juga berharap, desanya bisa menjadi sentral  ikan lele tingkat kabupaten maupun provinsi dan  akan menggunakan cv ibe,  nantinya akan ada  pembangunan pasar desa dan akan di modivikasi ke agro wisata.”Sehingga, bisa menarik par  investor atau para pengunjung baik untuk sekadar hiburan maupun idukasi,” pungkas Asep Sunandar kades bojongsari itu. (US)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Jelang Pilkades Serentak Danramil 0907 Ajak Masyarakat Jaga Kondusifitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *