,

Iskandar Harapkan OPD Kerja Cepat Laksanakan Program Pembangunan OKI 2019

27 Desember 2018 / 17:37 WIB Dibaca sebanyak: 143 kali 1 Komentar

KAYUAGUNG BBCom-Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE didampingi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2019 kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2019.

Diserahkannya DPA di akhir tahun 2018 ini menurut Bupati Iskandar agar OPD kerja cepat melaksanakan program pembangunan.

“Bahwa belanja APBD jangan sampai mengendap agar manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat” ungkap Iskandar di Kantor Bupati OKI, Kamis, (27/12). “Jangan sampai anggaran ini mengendap. Jika realisasinya cepat maka masyarakat juga yang akan merasakan multi player effectnya” tambahnya.

Lanjut Bupati, APBD masih jadi komponen penting untuk mendorong laju perekonomian di OKI.

“Kalu uang 2,4 triliun ini beredar di masyarakat daya beli akan meningkat, industry terpengaruh laju pertumbuhan ekonomi akan terdongkrak” Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Iskandar menekan beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh Kepala OPD.

Yang pertama, tegas Bupati, persiapkan dengan baik program-program untuk 2019, sehingga dapat berjalan efektif sejak di awal Januari 2019. “Artinya, persiapan lelang harus dilakukan lebih awal, sehingga, saya sampaikan lagi, manfaatkan e-procurement, e-catalog di LPSE,” tegas Iskandar.

Yang kedua, Bupati meminta penggunaan anggaran harus tertib administrasi dan  penggunaan anggaran memberikan manfaat yang optimal dan seluas-luasnya bagi masyarakat. Artinya, fokus pada outcome bukan sekadar output.

“Kesalahan administrasi jangan berulang-ulang Alokasi betul-betul dominan untuk kegiatan utama, bukan habis untuk kegiatan-kegiatan pendukung,” Ucap Iskandar sembari menargetkan untuk mempertahankan WTP ke 8 kali.

Ketiga, Bupati Iskandar meminta kepala OPD agar kreatif mencari sumber pendanaan diluar APBD. “Artinya, cari sumber pendanaan lain baik dipusat maupun melalui pihak ketiga demi percepatan pembangunan” tegasnya.

Keempat, Iskandar ingin OPD fokus bekerja tidak termakan isu mutasi maupun rotasi jabatan.

“Jangan khawatir saya ini sudah berpengalaman. Saya tidak akan pilih kasih. Yang penting Saudara berintegritas, loyal, penuh inovasi dan kreasi dalam melayani masyarakat” tungkasnya. (Hsm/Erpani)

Bagikan
Share

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *