oleh

Emma Dety Supriatna, Ajak Kaum Perempuan Aktif di Politik

KAB. BANDUNG | BBCOM | Istri Bupati Bandung terpilih Emma Dety Supriatna mengajak kaum perempuan untuk ikut aktif dalam kegiatan politik. Emma menyerukan hal ini karena tingkat partisipasi perempuan dalam berpolitik di Kabupaten Bandung menunjukan penurunan. Padahal menurut Emma negara sudah memberikan kuota keterwakilan perempuan untuk kegiatan politk 30 persen.

 Hal itu disampaikan Emma saat menjadi nara sumber pada kegiatan Reses II Tahun Sidang 2020-2021 Anggota DPRD Jawa Barat Fraksi PKB, Asep Syamsudin, di Graha Intan Ciwangi, Desa Cipaku, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung, Rabu (10/3/21).

Reses yang juga dalam rangka memperingati Hari Perempuan Sedunia 8 Maret ini dihadiri puluhan perempuan dari DPC Perempuan Bangsa Kabupaten Bandung, sebagai organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

“Kita lihat keterwakilan perempuan di DPRD Kabupaten Bandung saja sekarang tinggal sembilan orang, menurun dari yang sebelumnya 13 orang. Tentunya ini akan berdampak pada kurang tersampaikannya apa yang menjadi aspirasi perempuan Kabupaten Bandung,” kata Emma.

BACA JUGA  Pemcam Ciparay Gelar Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2021

Menurut mantan Kepala Desa Tegalluar, Bojongsoang ini, tidak menutup kemungkinan bagi anggota Perempuan Bangsa yang hadir, ada yang bisa menjadi kepala desa seperti dirinya, atau menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung.

“Asalkan ada suatu kemauan atau keinginan dari ibu-ibu ini untuk memajukan wilayahnya masing-masing, tentu akan ada jalannya,” ujar Emma.

Namun ia berharap ibu-ibu yang hadir juga bisa mengajak anak-anaknya, kaum perempuan milenial atau remaja untuk sedikitnya tahu dalam kegiatan politik seperti ikut bergabung ke Perempuan Bangsa.

“Perempuan Bangsa anggotanya tidak harus ibu-ibu. Akan lebih baik anak remaja juga kita libatkan karena mereka biasanya lebih paham mengenai perkembangan teknologi informasi (IT) seperti gadget atau smartphone,” ujarnya. 

Sebab, kata dia, IT sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan. “Tapi jangan sampai juga dampak negatif dari gadget itu mempengaruhi perkembangan anak kita, akibat radiasi yang ditimbulkannya misalkan,” tandasnya.

Kendati begitu, imbuh Emma, para kader Perempuan Bangsa bisa menyambaikan aspirasinya kepada anggota DPRD Kabupaten Bandung yang juga dari kalangan perempuan seperti Renie Rahayu Fauzi yang kini juga menjabat Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Bandung. Jika ingin menyampaikan ke DPRD Jabar, bisa disuarakan melalui anggota Fraksi PKB DPRD Jabar Asep Syamsudin.

BACA JUGA  Warga Desa Pakutandang Keluhkan Jalan Makam Paledang Gelap Gulita.

“Silahkan ibu-ibu sampaikan aspirasinya, apa yang menjadi uneg-uneg maupun keinginan ibu-ibu sekalian, agar anggota dewan perempuan khususnya bisa memperjuangakan apa yang menjadi kepentingan kaum perempuan di Kabupaten Bandung,” ujar istri Bupati Bandung terpilih. 

Anggota DPRD Jabar Fraksi PKB Asep Syamsudin menambahkan, sebenarnya merupakan moment yng tepat bagi Perempuan Bangsa untuk aktif terlibat dalam kegiatan politik. Terlebih saat ini Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna terpilih sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung.

Menurut Asep, Perempuan Bangsa harus bisa menjadi akar yang kuat untuk menopang perubahan untuk kemajuan Kabupaten Bandung ke depan. 

“Hari ini merupakan moment yang tepat bagi kita, khususnya PKB, juga bagi Perempuan Bangsa, untuk bisa memberikan kemaslahatan kepada masyarakat Kabupaten Bandung,” kata Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Bandung ini. (rls/ ud)

Komentar