Dukung Program Citarum Harum, Pemdes Sarangmekar Buat Program Cerdas Lingkungan

21 Februari 2020 / 13:07 WIB Dibaca sebanyak: 272 kali Tulis komentar

Ciparay-Kab.Bandung-BBCOM. Demi mendukung program Citarum Harum Pemerintah Desa Serangmekar, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, membuat program Cerdas Lingkungan . Program Cerdas lingkungan tersebut bertujuan supaya masyarakat bisa belajar bagaimana cara menjaga  dilingkungannya itu sendiri, baik  belajar dari agama tentang kebersihan dan belajar  pendidikan umum.


“Dalam pendidikan tersebut,  tidak  mengenal usia. Demikian diungkapkan Kepala Desa Serangmekar Drs Asep Taofik, yang didampingi Andri Fatirani SH selaku Sekdes Sarangmekar dan ketua BPD Dadan Suandana, di desa serangmekar, Kamis (20/2/2020).

Asep menambahkan, untuk mendukung sarana  program Citarum Harum tersebut, pihaknya telah membuat sarana ruang belajar masyarakat (RKBM) yang di bangun di Rw 03 dusun Papakserang. Selain itu kami juga, telah  peningkatan sarana yang lain seperti sarana Kesehatan,  Olahraga dan penataan pengelolaan sampah TPST  yang di bangun  di Rw 01 dan Rw 07 dusun Papakserang,”tambahnya.

Bukan itu sajah demi peduli terhadap lingkungan menurutnya, Pemerintah Desa Serangmekar telah membangun Posyandu seperti,  di Dusun Papakserang Rw08 , dusun Jongor  Rw 13 serta  membuat Septic Tank Komunal yang berlokasi di Rw 04 dan Rw 16 . Pihaknya juga telah membuat lapangan Bola Voly sebagai sarana untuk  olahraga para pemuda yang berlokasi di   di Rw 06 dusun Papakserang.

BACA JUGA  Satgas Citarum Harum Sektor VII Terus Bantu Evakuasi Warga Terdampak Banjir

“Selain itu, Pemerintah Desa Serang mekar juga  berkolaborasi dengan Karang Taruna, membuat program lingkungan berbasis Ekonomi melalui bantuan teknologi tepat guna untuk proses tempat pengelolaan sampah terpadu seperti  Bank Sampah di Rw 09,  pengelolaannya  dengan cara membeli sampah plastik dari masyarakat yang nantinya akan kami daur ulang,” tutur Asep.

Menurutnya lagi, hal tersebut tentunya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga  bisa menjaga lingkungannya.

“Sehingga,masyarakat tidak lagi buang sampah sembarangan. Itu semua merupakan wujud untuk peningkatan sumber daya manusia agar terciptanya kesejahteraan di berbagai bidang sekaligus menciptakan lapangan kerja bagi warga masyarakat desa serangmekar,”lanjutnya.

BACA JUGA  Bekerjasama Dengan Sektor 21 Citarum, PWI Kota Bandung Tanam 2000 Pohon

Asep juga menjelaskan , untuk membangun sarana prasarana tersebut kami anggarkan dari bantuan pemerintah daerah kab Bandung ,Provinsi maupun Pusat,” jelasnya.

Asep juga berharap,mudah-mudahan tahun depan desa kami bisa menjadi lokasi kegiatan program TMMD untuk pembagunan akses jalan desa serang mekar yang terhubung  dengan desa Sumbersari di kampung pesawahan  baru terkaper 300 meter, itu yang kami harapkan sekali untuk memudahkan sarana angkut dan bisa meningkatkan harga jual tanah.

“Sehingga kedepan,  roda perekonomian masyarakat meningkat,” pungkas Asep Taofik kepala desa serang mekar itu.

Sementara menurut Ketua BPD Desa  Serangmekar  Dadan Suandana  mengatakan,” Alhamdulilah pemerintah desa Sarangmekar telah mewujudkan harapan masyarakatnya dengan program-program kerja nyata,  itu semua guna peningkatan sumberdaya Manusia.”Tentunya kami selaku BPD desa serangmekar,  menyambut baik atas kinerja-kinerja kepala desa sarangmekarAsep Taofik ,” tuturnya.(Us)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *