Dinas PUTR Kabupaten Bandung Gelar Musrembang Porum PD

18 Februari 2020 / 19:49 WIB Dibaca sebanyak: 361 kali Tulis komentar

Soreang-Kab.Bandung | BBCOM.-Untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia menuju daya saing global. Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang ( PUTR ) Kabupaten Bandung, Melalui Kepala Bidang Program, menggelar Musrembang Porum PD.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas PUTR Kabupaten Bandung, Wakil Ketua DPR komisi C,  para Kabid, para kasi, para Kepala UPTD, para perwakilan Kecamatan serta para pegawai di lingkungan dinas PUTR kabupaten bandung. Acara musrem tersebut  dibuka langsung oleh kepala dinas PUTR Kabupaten Bandung di aula kantor dinas pekerjaan umum dan tata ruang kabupaten Bandung, Selasa (18/2/2020).

Kepala dinas PUTR Kabupaten Bandung Ir. H. Agus Nuria Agusanas, M.Si. dalam sambutannya mengatakan, kehadiran pihak kecamatan dalam musrem ini sangat diperlukan sehingga, hasil musrem tingkat kecamatan dapat memastikan  semua usulan masyarakat menjadi agenda pembahasan sampai keputusan dalam musrem PD.

Pengusulan program atau kegiatan  tahun ini,  telah  menggunakan sinda yang langsung teridelegasi dengan sinda keuangan. Sehingga, isinya  tidak mungkin di tolak dalam  pelaksanaan dan penganggaran menjadi sinkron . Hal tersebut selaras dengan program tahun 2021 tentang kualitas sumberdaya manusia menuju daya saing global,” katanya.

Agus Nuria menambahkan, RKPD tahun 2021 merupakan tahun yang terakhir pelaksanaan RPMJ 2016-2021 dengan misi memantapkan Kabupaten Bandung Maju, mandiri dan  berdaya saing melalui tata kelola pemerintahan yang baik dan sinergi pembangunan pedesaan berlandaskan religius ,kultural dan berwawasan lingkungan.

BACA JUGA  Mantan Kades Mekar Maju Siap Lanjutkan Amanah Dalam Pilkades Serentak 2019

Guna mencapai visi  tersebut di kabupaten bandung  menurutnya, menetapkan misi pembangunan yaitu  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia 2. Menciptakan  pembangunan ekonomi yang berdaya saing 3. meningkatkan pembangunan infrastruktur  desa dasar terpadau dengan tata ruang wilayah 4. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup 5.mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik  dan bersih,” tuturnya.

Agus Nuria melanjutkan, dinas pekerjaan umum dan tata ruang mengemban tugas secara husus untuk mencapai  target- target kinerja pada misi ke tiga yaitu, meningkatkan pembangunan infrastruktur desa dengan tata ruang wilayah. Kerja barang target satuan dinas PUTR  pada tahun 2016 – 2021 Reviu berupa 9  indikator kinerja utama  berikut 1.persen tase total  dalam keadaan baik 2. Persentase dalam keadaan jalan mantap 3. Konisi jalan lebih baik ke 4. Luas wilayah ter airi irigasi ke 5. Irigasi  kewenangan kabupaten dalam kondisi baik 6.persen tase pngurangan luas kewenangan ke 7.pengurangan jaringan drainase perkotaan dalam kondisi baik ke 8. persen tase penggunaan lahan sesuai rencana tata ruang ke 9.dinas PUTR  seraras dan menjadi penunjang pencapain target bagi  indikator kinerja daerah yang merupakan  penjabaran  target kinerja-kinerja 2016-2021.

BACA JUGA  Unit Reskim Polsek Baleendah Polresta Bandung Gelar Ops Miras dan Presmanisme

Lebih jauh Agus Nuria menyampaikan , beberapa pencapaian kinerja  dinas PUTR bidang  infrastruktur tahun 2019 yang dikelola langsung yang berkaitan dengan ISKD sebagai berikut 1. Trotoar yang merupakan  infrastruktur pendukung pencapaian indikator kinerja daerah, kondisi baik sudah mencapai 88,82 persen dari target akhir masa RPMJ 2021 sebesar 93,5 persen.

Kemudian yang ke 2. Kondisi Jalan lantas kabupaten bandung tahun 2019 mencapai 85,86 persen, dengan target akhir RPMJ sebesar 89 persen,  indikator ini menunjukan ISKD servis Jalan. Yang ke 3. Persentase luas sawah yang di airi  irigasi pada tahun 2019  mencapai 72,5 persen dengan target akhir RPMJ sebesar 73,5 persen.4 luas pengurangan  genangan   banjir pada bidang  drainase tahun 2019 mencapai 4,5 persen 5. Persentase pengurangan lahan sesuai tata ruang tahun 2019 mencapai  0, 83  persen dengan RPMJ akhir sebesar 2,5 persen,”lanjutnya.

Perkenaan hal tersebut menurut Agus Nuria, guna mencapai target kinerja  dinas PUTR  secara maksimal  pada tahun 2021 yang merupakan tahun akhir RPMJ 2016-2021. Maka, diharapkan melalui forum musrem PD ini semua pihak dapat bersinergi merencanakan semua program kegiatan dengan vokus menuju kinerja pencapaian daerah,” pungkasnya. (Us)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *