Danrem 062 Tarumanegara Didampingi Bupati Bandung Buka TMMD Tingkat Nasional di Desa Bumiwangi

16 Maret 2020 / 23:09 WIB Dibaca sebanyak: 176 kali Tulis komentar

Ciparay | Kab.Bandung-BBCOM. Danrem 062 Tarumanegara Kolonel Inf Parwito didampingi Bupati Bandung H.Dadang M.Naser SH,S.Ip, M.SI juga didampingi Dandim 0624 Kabupaten Bandung Letkol Inf Donny Bainuri,S Hub,Int M.A.S.S.S.S  beserta Kasdim 0624 kab Bandung,Mayor Inf Nazwir .

Membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 107 tahun 2020 di Desa Bumiwangi dan Desa Mekarlaksana, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Senin (16/3/2020).

Selain nama yang di atas, tampa hadir juga para Kepala dinas Kabupaten Bandung, Muspika kecamatan Ciparay dan para kepala desa Se-Kec Ciparay, para Rw, tokoh agama, Ormas dan masyarakat lainnya. Sebelum menujuh lokasi jalan penghubung antara desa Bumiwangi dan desa Mekarlaksana.
Darem 062 dan Bupati Bandung beserta rombongan, melakukan penanaman bibit pohon terdahulu
di kampung beko desa Bumiwangi.

Danrem 062 Tarumanegara Kolonel Inf Parwito pada BBCOM memaparkan, pertama dalam kegiatan TMMD ini meliputi kegiatan baik fisik maupun non fisik. Kegiatan fisik mulai dari pembagunan jalan kemudian,  pembuatan  jembatan, perbaikan gorong-gorong dan juga pembuatan rumah tidak layak huni. Selain  fisik, juga dilakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat non fisik yaitu, penyuluhan- penyuluhan dan pemberian bantuan-bantuan yang dilakukan dinas-dinas terkait,” paparnya.

Parwito menambahkan, TMMD ini dilaksanakan waktunya adalah satu  bulan dari tangal 16 Maret  sampai  14 April .”Kita akan menyelesaikan kegiatan ini.

Dia juga berharap bahwa dari hasi kegiatan TMMD ini nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung,”tambahnya.

‘Yang ke dua menututnya,  TMMD ini haya sebagai sarana saja agar TNI dengan rakyat selalu dekat dan selalu manunggal. “Itu kunci persatuan  kemanunggalan TNI dengan rakyat serta semua komponen bangsa yang ada,”tuturnya.

Parwito juga menjelaskan ,TMMD ini berjalan hampir setiap tahun, di wilayah kodam III saja untuk periode ini ada 4 tempat di korem 061,Korem  062 ,Korem 063 dan Korem 064.” Dalam  satu tahun  dilaksanakan tiga  kali.”Jadi satu tahun anggaran  di wilayah kodam III Siliwangi, ada 12 sasaram TMMD,”jelasnya.

Masih menurut Parwito, kegiatan kegiatan TMMD tersebut  akan terus  dilakukan,”tutur Parwito.

Sementara menurut Bupati Kabupaten Bandung H.Dadang M.Naser SH,S.Ip, M.SI mengatakan ,kediatan TMMD ini mampu meefektifkan dan mefisienkan anggaran seperti, ketika  ada jalan tembus yang belum terhubung antar desa .”TMMD hadir, itu rakyat rata-rata menghibahkan lahan tidak harus dibeli  efektif dan efisiensinya di situ.” Berikutnya, bekerja sama kemanunggalan TNI dan Rakyat bisa  terasa, Rakyat betul-betul respon terhadap kegiatan yang dilakukan TMMD atuapun BSMSS. “Maka Pemerintah  Kabupaten Bandung, terus  Memprogramkan TMMD ini terhadap beberapa  wilayah sesuai dengan permohonan atau pungsi dari hasil TMMD li seperti sekarang,” ucapnya.

H.Dadang M.Naser juga menjelaskan; dalam kegiatan -kegiatan TMMD ini ada di tiga Desa yakni, Desa Bumiwangi jalan tembus ke desa Mekarlaksana dan jalan  tembus ke Desa Sagaracipta. “Itu bisa dijadikan  jalan artenatif jika terjadi kepadatan lalulintas  di alun-alun Kecamatan Ciparay bisa terurai.”Sehinga, pengguna jalan  bisa lari ke sini misalnya, mereka yang mau ke Bandung terutama kendaraan kecil bisa belok kiri dari garduh; demikian juga dari bandung bisa belok ke kanan melalui desa Bumiwangi bisa naik ke sini .”Jadi ini akan bermanfaat untuk  menjadi jalan lingkar, untuk menghubungkan jalan dari dua desa beberapa kampung yang terisolir.

“Dengan dibuka jalan, maka kami  yakin, laju perekonomian masyarakat bisa meningkat,”jelasnya.

Diakhir pembicaraanya H.Dadang M.Naser, mengucapkan banyak terimakasih baik  kepada TNI maupun kepada Masyarakat yang telah menghibahkan lahannya untuk pembuatan jalan baru jalan lingkar
Bumiwangi Sagaracipta melalui Mekarlaksana,”pungkasnya.(US)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Peduli Warga Dampak Covid-19, Pengusaha Asal Ciheulang Bagikan 400 Paket Sembako.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *