Dampak Kemarau Panjang 10 Hektare Pesawahan Di Kec, Ciparay Terancam Gagal Panen

16 Agustus 2019 / 11:24 WIB Dibaca sebanyak: 141 kali Tulis komentar

KAB. BANDUNG, BBCOM – Akibat Kemarau panjang yang hampir tiga bulan ini dari bulan mei sampai bulan Agustus tahun 2019, Sekitar 10 hektare lahan pertanian di Kecamatan Ciparay Kabupaten  Bandung mengalami kekeringan dan gagal Panen.

Menurut, Koordinator Penyuluh Lapangan ( PPL ) Kecamatan Ciparay Heni Nuraeni mengatakan, terdapat 10 hektare lahan pertanian di wilayahnya terkena kekeringan dan gagal panen, yakni Desa Ciheulang 5 hektare yang berlokasi lahan pesawahan  Cipasung selatan, Cipasung girang dan Cipasung timur. Di antaranya Desa Sumbersari 5 hektare lokasi pesawahan Sapan, “ungkap Heni dikantor Balai Penyuluh Ciparay, Kamis (16/8/2019).

Lanjut Heni, Dirinya juga telah  turun kelapangan untuk membantu para petani  memanfaatkan pompa air yang ada, Namun, pompa air tersebut tidak mencukupi untuk mengairi area pesawahan,” jelasnya.

Untuk mencegah kondisi yang lebih parah akibat kekeringan maka para kelompok tani saat ini sangat memerlukan mesin pompa air untuk menyedot air di Daerah irigasi Cirasea dan Di Cigugur, Dan kami akan terus mematau dampak kekeringan tesebut untuk dilaporkan ke dinas pertanian Kabupaten Bandung, berharap para petani di  Kecamatan Ciparay segera mendapatkan bantuan mesin pompa air.” tutur Heni.  (*R)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *