oleh

Bupati Bandung Hadiri Pelatihan dan Pengukuhan Relawan Bencana

KAB. BANDUNG | BBCOM | Guna memiliki kemampuan dan kepedulian untuk bekerja secara sukarela dalam penanggulangan bencana khususunya saat terjadi bencana. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bandung memiliki perhatian serius atas upaya-upaya peningkatan kapasitas untuk masyarakat desa dan kelurahan.

Salah satu Upaya hal di atas itu, BPBD kabupaten Bandung menggelar acara Pembekalan Pelatihan Pelajar Sungai dan Pembentukan Relawan Bencana yang di laksanakan di RTH Cikancung, Selasa (15/6/2021).

Acara tersebut di hadiri Bupati Bandung H.M Dadang Supriatna yang secara langsung mengukuhkan para Relawan bencana, Turut hadir Forkopincam Cikancung, para kepala Desa se – kecamatan Cikancung serta para peserta pelatihan relawan Destana Se-kabupaten bandung.

Bupati Bandung H.Dadang Supriatna M.si. pada awak media mengatakan, pelatihan ini untuk membentuk relawan dalam rangka membantu pemerintah sebagai upaya pencegahan dan pengurangan bencana di masing masing desa.

“Relawan ini tersebar di 31 kecamatan dan 270 Desa/Kelurahan, jadi ada perkawakilan masing masing desa sehingga bisa di lihat dari segi kerawanan jadi ada perwakilan Tiap Desa tersebut untuk menginvestigasi bencana, ini salah satu prioritas untuk masuk ke RPJMD dan program program ke depan,”tuturnya.

Oleh karena itu menurut Bupati , perlu ada penguatan kapasitas masyarakat di Desa/Kelurahan dalam upaya strategis untuk mewujudkan visi BNPB yaitu “Ketangguhan Bangsa dalam Menghadapi Bencana”. Salah satu programmya yakni Desa/Kelurahan
Tangguh Bencana ( Destana).

Untuk menangguhkan desa/kelurahan tidak bisa dilakukan dalam waktu setahun. Butuh proses dalam membangun ketangguhan yang berkelanjutan. Menjadikan budaya sadar bencana menjadi nilai-nilai pembangunan di desa/kelurahan.

Tidak ada jaminan desa/kelurahan yang dinyatakan tangguh bencana, bila ada bencana maka tidak ada korban jiwa. Inilah ikhtiar yang dilakukan oleh multipihak,”ujar Bupati Bandung itu. (Ud)

Komentar