oleh

BPTP Jabar Panen Raya Perdana di Lahan Garapan Gapoktan Rahayu Desa Ciheulang

KAB.BANDUNG | BBCOM| Kementerian Pertanian melalui Kapuslitbang Tanaman Pangan yang diwakili Kepala Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian BPTP Jawa Barat, melaksanakan temu lapang dan panen Raya perdana di lahan garapan Gapoktan Rahayu Desa Ciheulang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung,Kamis (30/9/2021).

Pertemuan lapang dan panen raya tersebut , selain dihadiri Kepala Balai BPTP Jawa barat beserta jajaran, juga dihadiri Danramil 2408 Ciparay Baleendah Kapten Infanteri Aang Purtoni, Kapolsek Ciparay yang diwakili Kanit Sabara Dadan S, Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur Habibi, para penyuluh pertanian serta para kelompok tani se Desa Ciheulang.

Usai melaksanakan temu lapang dan panen raya perdana, Kepala Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BPTP ) Jawa Barat Dr. Yiyi Sulaeman, SP.,M.Sc menjelaskan. Kementerian Pertanian melalui BPTP Jawa Barat, ingin menujukan pada para petani tentang hasil teknologi varietas kemudian teknologi varibaya, dan alhamdulillah hasilnya mengembirakan, dalam catatan dipetkirakan mencapai 10 hinga11 ton dari 4 hektar.

Dia mengajak pada semua pihak, “mari kita bersama sama”. Bagaimana cara membina masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dan memanfaatkan lahan yang lebih oftimal.

“Mari kita kerjasama”. menyiapkan pangan untuk desa kita, sehingga petani kita lebih mandiri dalam produksi dan pembibitan bisa dimanfaatkan secara oftimal, “pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Ciheulang Rubby Nur habibi mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah melaksanakan kegiatan temu lapang dan panen raya perdana ini, mulai dari Kementerian Pertanian melalui BPTP Jawa Barat, Dinas Pertanian Kabupaten Bandung serta Muspika kecamatan ciparay.

“Kedepan pihaknya akan memperbaiki masalah pertanian terutama masalah air. Karena sumber daya air adalah, satu paktor untuk penunjang keberhasilan pertanian.

Dia juga kedepan berharap, mudah -mudahan Dinas terkait bisa mengurus lagi, baik pola tanam maupun pembagian air secara merata. Sehinga bisa meningkatkan hasil produksi yang signifikan,”tutup Rubby.(ud)

Komentar