oleh

Baju Baja Ciptakan Taman Edukasi Bambu di Sungai Citarum

KAB.BANDUNG l BBCOM l Peresmian Program CSR Desa Tangguh Bambu yang melibatkan pihak PLN (Persero) unit Induk Tranmisi jawa barat yang diwakili “BUDi”, Kodam lll Siliwangi, Pemda Kab. Bandung, dan pihak pemprov jabar serta Dansektor Vlll wilayah Cilampeni – Curug jompong dan juga Pihak Komunitas BAJU BAJA kab. Bandung “Oki Hikmawan” berlangsung khidmat, walau kondisi Pandemi Covid 19.

Acara tersebut hadir pula Wakil Bupati Bandung, Kades Mekar Rahayu, Camat margaasih, Kapolsek Margaasih dan Karang taruna serta masyarakat yang ikut menyaksikan acara tersebut yang berlangsung di Kp. Malayu Desa Mekar Rahayu kec. Margaasih pada Selasa 27/10/2020

Ketua Komunitas ” BAJU BAJA” Oki Hikmawan menjekaskan, tujuan adanya” Bambu Juara” Desa tangguh Bambu yang saat ini berlangsung guna mensinergikan antara masyarakat dan pemerintah untuk meminimalisir permasalahan yang ada di sungai Citarum, baik limbah rumah tangga dan limbah industri.” Ungkap Oki Hikmawan

Saat ini para pelaku usaha yang sering membuang air B3 sebagian sudah menyadari dampak limbah yang dibuang oleh pihaknya, Sehingga kini sedikit nampak bersih sungai citarum tak berwarna dan berbau. Namun yang jadi ironisnya juga untuk saat ini masyarakatlah yang kurang sadar dan selalu melanggar aturan buang sampah seenaknya di lahan kosong tanpa memperhitungkan apabila hujan datang pasyi sampah tersebut terbawa arus air hujan dan juga menuju anak sungai citarum hingga nantinya tetap Sungai Citarumlah yang akan terlihat kotor dan penuh sampah.

BACA JUGA  Taman Sangkuriang Citarum Di Wilayah Sektor VII Diresmikan

Kini Bantaran Sungai Citarum telah ditanami pohon bambu sebanyak 360 bibit pohon bambu, Seperti bambu haur hijau haur kuning, bambu awi bitung dan juga ada 4 jenis pohon bambu lainnya yang berasal dari jawa seperti bambu giant qutalikus, bambu buah dua yang mana diameternya lebih panjang sekitar 40-50 cm, serta 50 jenis pohon bambu yang sudah dipesan sebanyak 1500 bibit pohon bambu.

Kata, Oki Hermawan, pihaknya bersama para Anggota TNI AD yang dipimpin oleh Dansektor VIII Kolonel Inf. Belyuni telah sepakat akan membuat Taman Bambu tangguh di Kp. Malayu Desa mekar rahayu, yang mana lokasi tersebut sebagian sudah terlihat Penataan taman dengan menggunakan bahan dari pohon bambu, seperti saung, tangga, tempat duduk dan lainnya.

BACA JUGA  Bekerjasama Dengan Sektor 21 Citarum, PWI Kota Bandung Tanam 2000 Pohon

Pihak Komunitas Baju Baja bersama Dansektor Vlll berupaya membangun taman Edukasi bagi masyarakat sekitar sebagai sarana bermain bersama keluarga sambil menikmati pemandangan Sungai Citarum, sebab sepanjang bantaran sungai sudah ditanami pohon bambu dan tanaman lainnya. Dan itu semua adalah bantuan CSR dari PLN (Persero) Unit Induk Tranmisi Jawabarat.

Saat yang sama, Wabup Bandung GunGun Gunawan, me.ngucapkan rasa tetima kasih yang sebesar besarnya kepada pihak PLN yang telah membantu memperhatikan ekosistem dan lingkungan Sungai Citarum melalui Pemberian Bantuan CSR dan semoga masyarakat sekitar daoat merasakan manfaat serta bantuan yang diberikan oleh PLN (Persero). 27/10. (*R)

Komentar

Berita Terbaru