oleh

Wisata Religi Makam Syeh Syarif Hidayatullah Pedamaran Banyak dikunjungi Warga

OKI | BBCOM | Masyarakat Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki kebiasaan untuk ziarah kubur, mengunjungi makam orang tua atau sanak saudaranya. Hal ini biasa dilakukan berbarengan dengan saat mudik. Sehingga, seseorang bukan hanya pulang kampung dan bersilaturahim dengan sanak saudara tapi juga mengenang anggota keluarga yang telah tiada.

Makam Syeh Syarif Hidatullah di pulau sekampung wilayah desa Pedamaran IV kec. Pedamaran OKI juga banyak dikunjungi masyarakat. Konon kabarnya Syeh Syarif Hidatullah merupakan orang pertama menyebar agama Islam di Pedamaran.

Berdasarkan cerita masyarakat, walaupun Syeh sudah lama meninggal dan dikebumikan jau dari pemukiman warga, namun karomah beliau masih tetap berjalan seakan melindungi anak cucunya yaitu masyarakat Pedamaran.

BACA JUGA  Peringatan Nuzul Qur an 1437 H di Pedamaran Meriah

Para pengujung atau yang berziarah selain melihat làngsung makam Syeh Syarif Hidatullah dan membacakan ayat ayat suci Al Quran atau surat Yassin, mereka mengelar hidangan makan makan bersama sambil menikmati aliran sungai Babatan.

Hasil pantauan BBCOM (2/8/2020) para penikmat wisata religi tersebut dari berbagai kalangan bahkan tidak sedikit perziarah melakukan foto selfie dengan background sungai Babatan, sayangnya tempat tersebut belum dilirik pemerintah untuk dijadikan objek wisata, pasalnya lokasi jalan setapak menuju makam Syeh Syarif Hidatullah sudah rapuh. (pani)

BACA JUGA  Jejak Maritim Sriwijaya, OKI Siap Punya Pelabuhan Internasional

Komentar

Berita Terbaru