Wisata Murah? Gunung Pancar Jawabannya!

22 Juni 2019 / 14:49 WIB Dibaca sebanyak: 6115 kali Tulis komentar

Foto: Krisda Tiofani

Gunung Pancar merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Bogor, tepatnya berada di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang hampir selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat akhir pekan ataupun musim liburan tiba.

Potensi dan daya tarik alam Gunung Pancar dengan kesejukan alam, udara yang bersih dan hijaunya hutan pinus khas Gunung Pancar, dihiasi hamparan batu alam membuat konsep Taman Wisata Alam Gunung Pancar bernuansa alami.

Tempat wisata Gunung Pancar memiliki beberapa objek wisata lain didalamnya. Diantaranya adalah Hutan Pinus, Pemandian Air Panas dan tidak ketinggalan yaitu tempat berfoto dengan banyak pilihan latar foto yang sedang menjadi tren di media sosial saat ini.

Wisata Gunung Pancar yang diperkirakan memiliki luas hingga 30 hektar ini dibuka selama 12 jam setiap harinya, mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

“Saya baru pertama kali datang ke sini (Gunung Pancar), tempat nya bagus sih, tapi hanya bagus untuk hotspot foto aja. Cocok untuk liburan bersama keluarga. Tapi mungkin tidak bisa untuk acara arisan ibu-ibu, karena tempatnya terbuka dan makanan yang ada paling itu-itu aja”, ujar wisatawan asal Jakarta.

Foto: Krisda Tiofani

Untuk masuk ke dalam Hutan Pinus, pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 7.500. Sedangkan untuk dapat menikmati Pemandian Air Panas akan dikenakan biaya Rp. 10.000 saat di gerbang masuk dan tambahan Rp. 5.000 saat masuk ke dalam tempat pemandian tersebut. Untuk tempat berfoto-foto yang ada rata-rata akan dikenakan biaya Rp. 20.000 di 9 latar foto berbeda dengan waktu yang tidak ditentukan.

Menurut penuturan dari warga setempat yang juga bekerja sebagai tukang parkir di wilayah 1 Gunung Pancar, nama Gunung Pancar diambil karena pada kawasan tersebut terdapat pemancar di atasnya. Tidak diketahui pasti apa maksud dari pemancar tersebut.

“Makin kesini Gunung Pancar kelihatan lebih bagus. Sebelumnya tidak ada tempat-tempat untuk foto seperti sekarang. Efek nya bagus buat Saya, semakin ramai yang datang, mudah-mudahan semakin banyak juga nanti nya yang beli dagangan Saya”, ujar seorang pedagang.

Harga makanan dan minuman yang terdapat di Gunung Pancar dimulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 20.000. Selain itu, untuk tarif parkiran yaitu Rp. 5.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil tanpa batasan waktu.

“Kadang ada aja orang yang gamau bayar, antara memang tidak tahu dan keberatan karena sudah bayar di gerbang utama sebelumnya. Padahal di gerbang masuk itu hanya untuk tarif perorang aja, dan setiap tempat parkir disini juga memiliki pengelola yang berbeda-beda”, keluh tukang parkir saat ditanya masalah yang dihadapi selama 3 tahun menjadi tukang parkir.

Kebanyakan orang yang memiliki usaha di sekitar wisata Gunung Pancar adalah warga setempat itu sendiri. Setidaknya mereka berasal dari 4 kampung. Yaitu Kampung Karang Tengah, Kampung Ciburial, Kampung Jelewer, dan Kampung Cimanala.

Selain menjadi tempat wisata keluarga, lokasi Gunung Pancar juga bisa dijadikan sebagai tempat berkemah, resepsi pernikahan hingga lokasi syuting film. Untuk tarif kemah dikenakan sekitar Rp. 35.000 per orang/malam. 

Penulis: Krisda Tiofani

 

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *