Warga Manfaatkan Sumur Lele Bodas Untuk Kebutuhan Air Bersih

29 Oktober 2019 / 05:19 WIB Dibaca sebanyak: 171 kali Tulis komentar

BANJAR | BBCOM | Lama tak terekspos keberadaan sebuah sumur yang di yakini warga setempat mengadung sejarah dan cerita rakyat yang bernama sumur lele bodas.

Keberadaan sumur lele bodas terletak di wilayah lingkungan Tanjung Sukur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Patarumman, kota Banjar, Jawa Barat.

Dibangun tahun 1960 bahkan konon sumur tersebut gak pernah surut walau kemarau panjang melanda. Dahulu bahkan warga sekitar sepalu mengandalkan sumur tersebut, dan dari tahun tahun 1999 sampai dengan 2019 sudah tak di pakai lagi.

karena kurang nya perhatian  sumur yang berada di pinggir saluran ciroas lama kelamaan  tergerus tanahnya sehingga menjadi selokan.

Menurut salah satu warga Asep kenapa sumur tersebut di sebut lelebodas, menurut cerita  yang beredar adalah ada seekor lele bodas (Lele Putih) ada diatas sumur tempat mandi masyarakat lalu masuk kesumur tersebut sehingga sumur itu oleh masyarakat disebut lelebodas sampai sekarang ini.

“Karena jenis dan warna nya berbeda dari ikan sejenis nya, kemudian ikan lele tersebut masuk ke sumur yang biasa di pakai mandi masyarakat sehingga di namakan lele bodas,” kata Asep,Senin (28/10/2019) ketika di temui BBCOM.

Ketika kemarua panjang kali ini melanda maka warga sekitar mencoba untuk menggali kembali dan memperbaikinya karena kebutuhan air bersih.

“kami mencoba untuk merawat dan memanfaatkan nya kembali karena kebutuhan,” ungkapnya.(Johan)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *