Wali Kota Bandung Kukuhkan Mabigus Gerakan Pramuka UIN SGD

28 September 2019 / 18:09 WIB Dibaca sebanyak: 365 kali Tulis komentar
Bagikan

BANDUNG | BBCOM – Wali Kota Bandung, H. Oded Muhammad Danial, SAP, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota Bandung melantik dan mengukuhkan Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si. sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) 23001-23002Gerakan Pramuka UIN Sunan Gunung Djati Bandung masa bakti 2019-2021 yang berlangsung di gedung O. Djauharuddin AR, Kampus I, Jl. A. H. Nasution No 105 Cipadung Cibiru Kota Bandung, Sabtu (28/09/2019).

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia. Kepramukaan merupakan sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia. 

H. Oded menuturkan, “Saya sepakat bahwa pramuka sebagai gerakan kepanduan. Numun, jika kita melihat kondisi pelajar, mahasiswa sekarang ini cukup mengkhawatirkan, bahkan mereka sudah tidak tertarik lagi pada gerakan pramuka. Ini menjadi tantangan kita bersama dalam menghadirkan pelatihan atau kegiatan kepramukaan yang dapat membanggakan mereka,” tegasnya.

Menurutnya, gerakan pramuka hadir sebagai salah satu upaya mencetak anak bangsa yang memiliki karakter, mandiri, kreatif. “Untuk itu, saya sangat mengapresiasi upaya Mabigus UIN SGD yang mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk ikut dalam gerakan pramuka, karena di pramuka itu kita dilatih, dididik untuk memiliki sikap dan kerpibadian mandiri, kreatif dan berkarakter,” paparnya.

Dalam kontek Kota Bandung, keberadaan gerakan pramuka harus mampu bersinergi dengan pemerintahan untuk mewujudkan  Kota Bandung yang unggul, nyaman, sejahtera dan agamis sesuai visi misinya. “Contoh yang sederhana bebersih. Setiap minggu anak-anak pramuka di SD, SMP yang dibimbing oleh Gugusdepan hadir di titik-titik kemacetan, keramaian untuk melakukan aktivitas bebersih dengan memungut sampah. Pasti orang-orang akan malu jika membuang sampah sembarangan,” paparnya. 

Melalui gerakan bebersih Bandung yang terinspirasi dari Alquran ini diharapkan dapat menjadi langkah menyucikan diri, lingkungan sekitar sebagai upaya mewujudkan bersihnya Kota Bandung. “Untuk membersihkan hatinya dilakukan gerakan Subuh berjamaah. Waktu kemarin dites gerakan Subuh akbar di Mesjid Raya, jamaahnya penuh di dalam dan di luar, yang diperkirakan berjumlah dua belas ribu orang berjamaah,” jelasnya. 

Rektor mengaskan pelantikan dan pengukuhan Mabigus ini dalam rangka ikut mensukseskan program gerakan pramuka Kota Bandung yang berkarakter, mandiri, kreatif, inovatif. “Segala persoalan karakter bangsa dapat diselesaikan, jika memiliki sikap, kepribadian pramuka. Oleh karena itu, sangat tepat jika seluruh mahasiswa ikut dan masuk gerakan pramuka,” tandasnya.

Komintem terhadap kecintaan negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menghargai kebhinekaan, menjunjung tinggi keragaman dan perbedaan suku, agama tak dapat diragukan bagi gerakan pramuka. 

“Oleh karena itu, saya berharap gerakan pramuka di lingkungan UIN SGD dapat memberikan contoh dalam hal akhlak dan prestasinya, sehingga menjadi teladan dan kebanggaan bagi mahasiswa,” pungkasnya. 

Hadir Dekan Fakultas Ushuluddin (FU), Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), Dr. H. Setia Gumilar, S.Ag.,M.Si, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed., Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Dr. Fauzan Ali Rasyid, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ahmad Ali Nurdin, MA, PhD  pada acara pelantikan dan pengukuhan Majelis Pembimbing Gugusdepan.

Berikut ini nama-nama Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus) 23001-23002Gerakan Pramuka UIN SGD Bandung masa bakti 2019-2021:

Ketua Mabigus, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si; Ketua Mabihar, Dr. H. Ahmad Fathonih, M.Ag; Sekretaris, Dr. Saca Suhendi, M.Ag; Bendahara, Dr. Andewi Suhartini, M.Ag; Anggota Mabigus, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag, Dr. H. Tedi Priatna, M.Ag, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si, Dr. H. Jaenudin, M.Ag, Drs. H. Akhmad Lutfi, MM, H. Wawan Gunawan, S.Ag., MM, Drs. H. Yaya Suryana, M.Ag., Drs. Muhamad Muttaqin, M.Pd.,  Dr. H. Mursidin, M.Pd., Dr. Hj. Yeti Heryati, M.Pd . (dnd/rls)

BACA JUGA  SMA Plus Cisarua Sangat Strategis Untuk Mencetak SDM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *