oleh

Wajib Tahu, Ini 6 Fakta Menarik Toyota Calya

BBCOM | Toyota Calya merupakan kendaraan roda empat berjenis MPV yang diproduksi atas kerjasama antara pabrik Daihatsu dan Toyota. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada Juli 2016 dan diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2016. Versi facelift dengan sejumlah perubahan dihadirkan tiga tahun kemudian, yaitu pada 2019.

Kendaraan roda empat ini merupakan salah satu jenis mobil yang termasuk dalam Low Cost Green Car (LCGC). Bagaimana tidak, harga Toyota Calya dibanderol kurang dari Rp200 juta per unit. Anda bisa mengecek dan memantau langsung pergerakan harga produk otomotif ini di Blibli, baik versi baru maupun bekas. Namun, sebelumnya ketahui dulu sejumlah fakta menarik tentang Toyota Calya berikut ini.

1. Kembar dengan Daihatsu Sigra

Bagi Anda yang paham dengan dunia otomotif, keterkaitan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra bukan sesuatu yang luar biasa. Jika dilihat secara sekilas, keduanya memang memiliki tampilan yang serupa, bahkan bisa dikatakan kembar. Hal ini karena Toyota Calya dan Daihatsu Sigra berasal dari rancangan yang sama, yaitu dari Toyota-Astra Motor dengan Astra Daihatsu Motor.

Selain tampilan fisik yang serupa, konfigurasi mesin dan jumlah bangku pada kedua mobil keluarga ini juga sama. Meskipun demikian, ada beberapa perbedaan yang menjadi faktor penentu keputusan bagi pembeli mobil, terutama dari segi fitur. Toyota menambahkan sejumlah peranti pada Calya, yaitu Under Seat Compartment Tray, Dual SRS Airbag, Three Point Seatbelt, dan Rear Parking Sensor.

2. Nyaman Bepergian dengan Keluarga

Tipe bodi Toyota Calya adalah MPV atau lebih dikenal dengan sebutan mobil keluarga. Hal ini dibuktikan dengan kapasitas kendaraan yang dapat memuat 7 penumpang. Meskipun demikian, para penumpang masih bisa menikmati kenyamanan dalam perjalanan karena jarak antarkursi terbilang cukup besar.

Fakta menariknya, dimensi Toyota Calya memiliki ukuran yang paling panjang dibandingkan mobil lain di kelas yang sama seperti Datsun GO+ Panca. Ukuran panjang dimensi Toyota Calya mencapai 4.070 mm. Bukan hanya dari segi panjang, dimensi Toyota Calya juga lebih besar jika dilihat secara keseluruhan. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tinggi mobil.

Karena bodi mobil yang lebih besar, tak heran jika penumpang tetap merasa nyaman ketika sedang duduk di tiga baris bangku yang ada di kabin. Kapabilitas ini merupakan keunggulan yang ditawarkan pada calon konsumen di Indonesia yang pada umumnya senang bepergian bersama anggota keluarga.

3. Menggunakan Teknologi Dual VVT-i

Meskipun bukan sesuatu yang baru, Toyota Calya patut diapresiasi karena menggunakan mesin berteknologi Dual VVT-I. Mesin ini bisa menghasilkan 89 hp pada putaran 6.000 rpm serta torsi 107 Nm pada putaran 4.200 rpm. Tenaga mesin kemudian disalurkan melalui pilihan transmisi manual atau otomatis ke bagian roda depan.

Keunggulan teknologi Dual VVT-i adalah mampu mengelola sistem pembakaran agar tetap efisien dalam kondisi apa pun. Jadi, meskipun mengusung mesin sebesar itu, khususnya di kelas LCGC, kendaraan roda empat ini tetap hemat. Untuk menempuh jarak sepanjang 20 km, Toyota Calya rata-rata hanya menghabiskan 1 liter BBM.

4. Memiliki Fitur Lengkap

Tak perlu kaget, meskipun menyasar pengguna mobil LCGC, fitur-fitur yang disematkan pada Toyota Calya terbilang cukup lengkap. Ada sejumlah fitur menarik, seperti Rear AC Circulator yang memungkinkan suhu dalam kabin tetap stabil.

Selain itu, Anda bisa menikmati musik dengan kehadiran audio yang dilengkapi video sistem, bahkan port USB yang terhubung dengan perangkat mobile. Fitur ini tentu akan membuat pengalaman berkendara akan lebih berkesan dan tidak membosankan.

Pada baris kedua, Toyota Calya juga tak lupa menyediakan power outlet. Jadi, penumpang bisa tetap melakukan charging tanpa harus mengganggu pengemudi atau kabin bagian depan.

Fakta lain yang perlu Anda ketahui sebelum membeli Toyota Calya adalah adanya sistem pengereman yang tidak sama pada tiap tipe. Mulai dari tipe E MT, E AT, G AT, hingga G MT, masing-masing disematkan dengan sistem pengereman berbeda seperti cakram, tromol, dan ABS.

5. Memiliki Ruang Bagasi yang Lega

Dibandingkan dengan Datsun GO+ Panca, kelebihan Toyota Calya adalah memiliki ruang bagasi yang terbilang luas. Ini merupakan keunggulan mobil ini dibandingkan dengan kompetitornya yang sama sekali tidak menyediakan ruang bagasi. Bahkan, bagasi di Toyota Calya dapat menampung hingga 3 galon dan 1 tas.

Ingin agar bagasi menjadi lebih lega lagi? Kursi pada baris belakang mobil bisa dilipat jika tidak digunakan. Mengakses bagasi juga lebih mudah dan praktis dengan adanya door handle pintu belakang. Pada mobil-mobil LCGC, poin ini biasanya ditiadakan.

6. Harga Ekonomis

Hal lain yang tak boleh diabaikan dari Toyota Calya adalah fakta bahwa harganya terbilang ekonomis. Bagi Anda yang menyukai mobil bertipe MPV dan memiliki dana yang terbatas, Toyota Calya merupakan pilihan terbaik. Meskipun dibanderol dengan harga murah, fitur dan kenyamanan yang ditawarkan oleh mobil ini tidak murahan.

Nah, demikian sejumlah fakta mengenai Toyota Calya yang perlu Anda ketahui. Setelah mengetahui hal-hal penting seputar kendaraan ini, Anda akan memiliki lebih banyak bahan pertimbangan sebelum membelinya. Inilah saatnya menjadikan Toyota Calya sebagai mobil andalan keluarga.

 

Komentar