Untuk Menjaring Siswa Berkompetisi, Kadisdik Jabar, Buka O2SN SMK 2019

26 Juli 2019 / 08:44 WIB Dibaca sebanyak: 434 kali 1 Komentar

BANDUNG, BBCOM–Sebanyak 27 Kabupaten/Kota se-Jabar mengirimkan perwakilan atlet terbaiknya untuk mengikuti perhelatan olahraga Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2019, di Pasaga Sport Center, Jln. Cisitu Indah VI, Kota Bandung, Rabu (24/7/2019).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika menuturkan saat pembukaan acara tersebut, kegiatan O2SN selain dapat menyalurkan bakat siswa di bidang olahraga, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaring siswa SMK berkompetisi di tingkat nasional, ujar Dewi

Dikatakan Dewi, O2SN dilaksanakan secara berjengjang dimulai tingkat sekolah, tingkat provinsi, hingga ke tingkat nasional, katanya, Kadisdik mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi sehingga kegiatan O2SN SMK tingkat provinsi bisa terlaksana dengan tertib, teratur, penuh disiplin, dan rasa tangung jawab yang tinggi.

Bidang Pembinaan SMK Disdik Jabar telah memprogramkan kompetensi bagi beberapa cabang olahraga (cabor), antara lain karate, pencak silat, bulu tangkis, atletik, dan renang. Juara I dari cabor tersebut akan mewakili Provinsi Jabar ke O2SN tingkat nasional di Provinsi Aceh. Ujar Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Deden Saeful Hidayat.

Menurut Deden, profil siswa SMK diharapkan tidak hanya terampil namun juga harus sehat dan bugar. Karena derajat kebugaran dan kesehatan seseorang sangat menentukan fisiknya dalam melaksnakan kegiatan sehari-hari. Sehingga dengan sehat dan bugar diharapkan semakin produktif.

“O2SN adalah bagian pembinaan peserta didik untuk kesehatan dan kebugaran serta dapat memacu kemajuan dalam bidang olah raga” papar Deden kepada BBCOM (26/7).

Lebih lanjut dikatakannya, program O2SN juga diharapkan sebagai bagian dari memfasilitasi implementasi pendidikan katakter, karena selain belajar bersilaturahim, saling mengenal, saling menghargai prestasi orang lain, belajar koorperatif dan kolaboratif serta juga kompetitif dalam olahraga dikembangkan karaketer fairplay.l, sportivitas.

“O2SN SMK Tahun 2019 ini dapat menghasilkan para juara untuk kita kirim bertanding dan berlomba ke tingkat nasional dan tentunya bisa menjadi juara di tingkat nasional.” Pungkasnya. (red)

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *