Untuk Meningkatkan Keimanan, PTBA Gelar Safari Ramadhan

14 Mei 2019 / 15:59 WIB Dibaca sebanyak: 865 kali Tulis komentar

Jurnalis: Baraf Dafri. FR

Tanjung Enim, Sumsel BBCom – Direktur Utama PT. Bukit Asam. Tbk (PTBA), Ir. H. Arviyan Arifin melalui Sekretaris Perusahaan PTBA, H. Suherman didampingi Manajer Humas H. Efensi dan Ketua Panitia Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 1440 Hjiriah, Samiaji Nugroho kepada media online ini mengatakan Direksi PTBA telah mengeluarkan Surat Keputusan bernomor 092/KEP/Int-0400/PG.07.01/2019 tanggal 27 Februari 2019 tentang Panitia Kegiatan Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha 1440 H / 2019 M PTBA.

“Pelaksanaan Safari Ramadhan dijadwalkan dalam Surat Keputusan tersebut mulai dari tanggal 01 sampai dengan 28 Ramadhan 1440 H ke 107 masjid dan mushola di sekitar perusahaan. Yakni, di Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim, Tanjung Agung dan Kecamatan Merapi Area,” tambah Suherman, Selasa (14/5/2019) di Kantor Pusat PTBA Tanjung Enim, Muara Enim.

“Setiap Safari Ramadhan menghadirkan Ustadz yang berasal dari Tanjung Enim maupun dari Palembang, Baturaja, Martapura, Semendo, dan Lahat. Bertujuan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkatkan semangat beribadah, dan menjalin hubungan silahturahmi antara PTBA dengan masyarakat sekitar. Sasaran Safari Ramadhan ini adalah pegawai dan keluarga serta masyarakat yang berada disekitar Perusahaan,” jelas Suherman

Diungkapkannya, kegiatan Buka Puasa bersama Direksi dan jajaran PTBA mengawali rangkaian kegiatan buka puasa bersama di Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) mengundang stakeholder dan masyarakat di lingkup ring 1 operasional perusahaan ini dihelat kemarin Senin (13/5/2019) di Masjid Jami Bukit Asam.

Acara Buka Puasa Bersama Direksi dan jajaran PTBA itu diawali dengan pembacaan kalam Ilahi beserta saritilawahnya yang dihadiri para pejabat Pemkab Lahat dan Pemkab Muara Enim serta jajaran Tripika Lawang Kidul dan sekitar seribuan undangan yang hadir tampak tekun menyimak alunan ayat-ayat suci.

“Tak hanya itu, PTBA juga melaksanakan kegiatan Pesantren Ramadhan akan dilaksanakan pada 4 sampai dengan 27 Ramadhan 1449 H di Masjid Jami’ Bukit Asam. Peserta Pesantren Ramadhan adalah Ibu-Ibu Majelis Ta’lim Kecamatan Lawang Kidul. Untuk kegiatan Gema Ramadhan menyiarkan keislaman yang melibatkan ustadz dari Kabupaten Muara Enim di Radio RGBA setiap hari selama bulan ramadhan,” sambungnya.

Selanjutnya kegiatan Kajian Islam yang merupakan bentuk kepedulian PTBA terhadap moral generasi muda dan memberikan pengetahuan dan wawasan keagamaan pada siswa/i. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP/SMA Kecamatan Lawang Kidul. Dan Pelatihan Imam dan Khatib yang merupakan bentuk kepedulian PTBA terhadap regenerasi calon imam dan khatib serta memberikan pengetahuan kepada peserta untuk lebih mendalami pengetahuan agama Islam

“Kami juga mengadakan berbagai perlombaan di bulan Ramadhan bertujuan mempererat tali silahturahmi antara PTBA dan lingkungan sekitar. Yakni kegiatan Lomba Dai Cilik, Lomba Tahfidz Qur’an Tingkat TPA dan Lomba Membaca Tartil Quran yang diperuntukkan dan diikuti oleh antar karyawan PT.BA berikut satunan anak yatim piatu sebesar Rp 250.000,- diberikan kepada + 500 anak di lingkungan sekitar perusahaan meliputi Kabupaten Muara Enim  dan Lahat,” urainya.

Selain itu, terangnya, ada pelaksanaan kegiatan Nuzul Qur’an dilaksanakan tanggal 17 Ramadhan 1440 H/ 22 Mei 2019 dipusatkan di Masjid Jami’ Bukit Asam bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Al Qur’an serta menambah wawasan ke-Islaman.

Kemudian Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal 1440 H di Masjid Jami’ Bukit Asam dan Masjid/Musholla disekitar Perusahaan. Sebagai wujud kepedulian PTBA terhadap lingkungan maka PTBA menyediakan Khatib dan Imam sholat Idul Fitri yang ditempatkan di Masjid/Musholla tersebut.

“Karena Masjid Jami’ sebagai pusat keagamaan di Tanjung Enim rencananya akan di datangkan ustad dari luar Tanjung Enim. Sedangkan Masjid dan Musholla lainnya PTBA menyiapkan Khotib dan Imam dari sekitar lokasi perusahaan sebagai bentuk pemberdayaan perusahaan terhadap Para Ustad,” lugasnya.

Suherman melanjutkan, bahwa selama kegiatan Safari Ramadhan PTBA akan memberikan Bantuan Operasional Masjid dan Mushalla kepada 115 Masjid dan Mushalla di sekitar Perusahaan. Bantuan Operasional Masjid/Mushalla tersebut adalah berupa ambal.

“Saat lebaran nanti PTBA memberikan bingkisan untuk pensiunan sebagai wujud kepedulian PTBA terhadap para pensiunan yang telah berjasa mengabdi dan membesarkan perusahaan. Pada tahun ini   bingkisan diperkirakan akan diberikan kepada sekitar 5000 an pensiunan,” pungkas Suherman.***

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *