Studium General FLP Ciputat 2016

aida-ma_editCIPUTAT. BB.Com–Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Ciputat didukung oleh DEMA Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta (22/10) telah mengadakan studium general dengan tema “Selami Dunia Literasi, Temukan Jati Diri, Ciptakan Karya Abadi.” Acara tersebut dilaksanakan di Auditorium FKIK Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan menghadirkan penulis-penulis diantaranya Azwar Sutan Malaka, Aida MA, dan Risma el Jundi.

“Menulis bukan hanya untuk tujuan popularitas atau hanya untuk mencari keuntungan materi belaka, akan tetapi menulis adalah bagian dari usaha untuk membangun masyarakat, tulisan ada untuk memenuhi hak-hak warga dan men adalah kegiatan untuk membangun kehidupan yang lebih baik,” jelas Azwar Sutan Malaka, yang juga penulis novel Cindaku itu.

Lebih jauh, Azwar yang memberikan materi tentang “Menulis Kreatif Non Fiksi” itu menyampaikan bahwa menulis adalah kerja peradaban untuk meningkatkan mutu dan kualitas hidup manusia di dunia ini. Sementara itu Risma el Jundi yang memberikan materi tentang “Teknik Menulis Fiksi” menyampaikan bahwa menulis pada hakekatnya mengajak orang kepada kebaikan.

“Oleh sebab itu, dalam menulis hendaklah menghasilkan karya-karya yang baik,” kata penulis buku Wanita Pendamba Syurga itu.

Pada sesi terakhir, hadir sebagai pembicara Aida MA. Kak Aida, begitu penulis muda itu sering disapa menyampaikan materi terkait proses penerbitan karya di penerbit. Aida yang juga CEO Penerbit Batavia Publishing itu menyampaikan tips dan trik mengirim buku ke penerbit.

“Agar draf buku yang dikirim ke penerbit dilirik editor, menulislah dengan memperhatikan ejaan yang disepurnakan (EYD) jangan menulis dengan bahasa alay, selain itu pada surat pengantar, perkenalkanlah diri kepada penerbit dengan baik,” jelas Aida.

Selain itu dalam acara ini, pemateri menyampaikan tentang materi-materi terkait kepenulisan non fiksi dan penulisan karya fiksi serta tips dan trik dalam mematangkan konsep menulis non fiksi ataupun non fiksi. Dalam studium general ini pemateri juga menyampaikan proses pengiriman buku ke penerbit. Peserta sangat antusias mengikuti acara ini, apalagi saat pemateri menyampaikan pengalaman-pengalaman saat memulai proses penulisan. Pada kesempatan ini pemateri juga memberikan motivasi kepada peserta agar bisa lebih bersemangat lagi dalam proses menyelami dunia literasi. (*)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *